Amtrak Akan Lakukan Perluasan Wilayah Operasi di Amerika Serikat

amtrak
Ilustrasi Amtrak | Foto: Amtrak

[4/4] Operator KA penumpang Amerika Serikat, Amtrak, berencana akan melakukan perluasan jaringan layanannya. Seperti dilansir dari Trains, hal tersebut dikuatkan dengan dirilisnya peta jaringan Amtrak yang berjudul “Connects US”.

CEO Amtrak Bill Flyn mengatakan perluasan jaringan Amtrak ini merupakan bagian dari proyek pengembangan infrastruktur yang dicanangkan oleh Presiden Joe Biden. Perlu diketahui, Presiden Joe Biden menganggarkan dana sebesar USD2 triliun untuk pengembangan infrastruktur.

Dari angka tersebut USD621 miliar diperuntukan untuk sektor transportasi di mana USD80 miliar untuk layanan KA penumpang dan barang. Flyn mengatakan Amerika membutuhkan jaringan kereta api yang memiliki banyak jadwal, dapat diandalkan, ramah lingkungan, dan adil.

Peta jaringan Amtrak “Connect US” yang dirilis oleh pihak Amtrak | Trains

Dalam peta “Connects US” yang dirilis, terlihat rute-rute yang saat ini beroperasi serta rute-rute yang rencananya akan dioperasikan dalam rencana Amtrak yang diberi nama “Our 2035 Vision”. Seperti perpanjangan rute ke Las Vegas dari California serta rute antara Dallas dan Houston, Texas. Diketahui saat ini perusahaan swasta tengah memulai konstruksi jalur kereta cepat di rute-rute tersebut.

Meski demikian, dalam peta tersebut tidak dijelaskan mengenai reaktivasi rute-rute yang saat ini dinonaktifkan. Seperti bekas rute North Coast Hiawata di Montana, maupun rute Sunset Limited yang menghubungkan Mobile, Alabama ke Jacksonville, Florida.

Tidak ada detail mengenai skema kerjasama antara negara bagian dengan pihak Amtrak. Namun dapat ditarik kesimpulan bahwa Kongres harus menambah anggaran untuk mewujudkan rencana ini. Para pemangku kebijakan juga diharuskan menjembatani Amtrak dengan operator lainnya supaya bisa mengakses jalur KA barang serta meningkatkan kapasitas angkut. (RED/BTS)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: