Berita KADebutIndonesiaKereta Api

10 Mei, Bangunan Baru Stasiun Malang telah Beroperasi

Bangunan baru Stasiun Malang
Bangunan baru Stasiun Malang di sisi timur | Foto: @M.Sairoji.a via Kereta Api Kita

[11/5] Kabar baik bagi pengguna yang membutuhkan jasa angkutan kereta api. Pasalnya mulai Senin (10/5) kemarin bangunan baru Stasiun Malang mulai beroperasi.

Dilansir dari Twitter KAI, bangunan baru ini digunakan untuk melayani pengguna KA jarak jauh. Bangunan ini berada di sisi timur emplasemen Stasiun Malang, berseberangan dengan bangunan yang saat ini beroperasi.

Sementara itu dilansir dari Medcom, seluruh pelayanan tes cepat antigen dan GeNose C19 berpindah dari bangunan eksisting ke bangunan baru. Sementara proses revitalisasi Stasiun Malang telah dilakukan untuk menarik wisatawan yang berkunjung ke Malang.

Bangunan baru Stasiun Malang ini memiliki konsep desain yang terinspirasi dari Gunung Putri Tidur yang berada di antara Kabupaten Malang dan Kota Batu. Selain itu, digunakan konsep sirkulasi udara yang lebih ramah lingkungan. Bangunan baru Stasiun Malang terhubung dengan bangunan eksisting Stasiun Malang menggunakan skybridge.

Menariknya, bangunan baru Stasiun Malang ini sesungguhnya ada di sisi tempat bangunan Stasiun Malang yang paling pertama berada. Berdasarkan Heritage KAI, Staatsspoorwegen (SS) mendirikan bangunan paling pertama Stasiun Malang di sisi timur pada tahun 1879.

Peta lokasi Stasiun Malang
Stasiun Malang paling pertama di sisi timur (atas peta, lingkaran biru) dan Stasiun Malang eksisting di sisi barat (bawah peta, lingkaran merah) | Foto: De Spooregwerken te Malang via Heritage KAI

Pemindahan bangunan Stasiun Malang ke sisi barat yang sekarang menjadi bangunan eksisting telah direncanakan dari tahun 1927. Namun proses ini baru terlaksana tahun 1938, dan bangunan Stasiun Malang sisi barat baru selesai pada 1941 silam. (RED/IHF)


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×