Bus Listrik MAB Jalani Uji Coba Rute Kudus-Jakarta

Prototipe bus listrik MAB
Prototipe bus listrik MAB | Foto: Adi Febrian Valentino

[2/5] Mobil Anak Bangsa (MAB) saat ini terus mengembangkan prototipe bus listrik mereka. Salah satu tahapan dalam pengembangan prototipe bus listrik ini adalah dengan uji coba.

Dilansir dari Kompas, prototipe bus listrik MAB ini telah menempuh tahap uji coba yaitu uji jalan rute lintas provinsi. Tidak tanggung-tanggung, rute yang digunakan adalah Kudus-Jakarta. Meski rute yang ditempuh jauh, pelaksanaan uji jalan ini berlangsung lancar.

Bambang Tri Soepandji, Technical Director MAB mengatakan bus listrik ini telah dilengkapi pendingin cair untuk motor dan baterainya. Uji jalan dari Kudus-Jakarta ini sendiri menempuh jarak 311 km dengan kecepatan sekitar 80-90 km/jam.

Saat uji jalan tersebut, pihaknya membawa baterai cadangan. Bus sempat berhenti di tol selama 2,5 jam untuk pengisian daya parsial sebelum kemudian berangkat lagi sampai Jakarta. Selain uji jalan, pada uji coba ini juga dilakukan tes beban pada bus ini.

Bus diisi hingga kapasitas 16 ton lalu diajak uji jalan di antara Kudus-Salatiga. Bambang mengatakan saat diujicobakan di tanjakan bus ini dapat berlari hingga 100 km/jam. Sedangkan di jalan normal, bus ini dapat berlari hingga 130 km/jam.

Ia pun yakin bus listrik MAB memiliki kualitas baik dan dapat dibandingkan dengan bus lis di Indonesia. Kandungan lokal bus ini sendiri mencapai 40%, dengan sejumlah komponen krusial diimpor, sedang karoserinya lokal. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×