Pemerintah Akan Bangun Trackless Tram di Tiga Kota Besar

Trackless tram
Trackless tram atau trem tanpa rel yang berada di Kota Hunan, Tiongkok | Foto: CRRC via The Conversation

[2/5] Kementerian Perhubungan akan segera menerbitkan aturan tentang rencana pembangunan trackless tram atau trem tanpa jalur di tiga kota besar di Indonesia. Seperti dilansir dari Detik, saat ini ada dua perguruan tinggi negeri yang tengah menyusun naskah aturan pembangunan moda ini.

Keduanya adalah ITB dan UGM. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pembuatan aturan mengenai trem tanpa jalur ini diperlukan untuk mendukung pembangunan moda transportasi umum berbasis listrik yang ramah lingkungan.

Nantinya akan ada tiga kota yang dijadikan pilot project untuk pembangunan trem tanpa rel di antaranya adalah Denpasar, Yogyakarta, dan Surabaya. Untuk kajiannya sendiri saat ini tengah dilakukan oleh sejumlah perguruan tinggi seperti ITB, ITS, UGM, dan Universitas Udayana.

Dari hasil studi yang dilakukan oleh ITS, berdasarkan Perpres No. 80 Tahun 2019 Tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi Di Kawasan Gresik – Bangkalan – Mojokerto – Surabaya – Sidoarjo – Lamongan, Kawasan Bromo – Tengger – Semeru, Serta Kawasan Selingkar Wilis Dan Lintas Selatan, jalur trem tanpa rel nantinya akan menghubungkan Kabupaten Bangkalan di Madura dengan Kota Surabaya.

Nantinya rute trem tanpa rel ini akan menghubungkan Pelabuhan Kamal-Stasiun Bangkalan-Stasiun Surabaya Pasarturi. Selain pembangunan jalur trem tanpa rel, nantinya juga akan dilakukan pembangunan jalur LRT, elektrifikasi jalur, dan cable car Kenjeran di Surabaya serta reaktivasi jalur KA di Madura. (RED/BTS)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: