Jalur Menuju Terminal Petikemas Surabaya Kembali Diujicobakan

CC2039810 uji coba jalur terminal
CC2039810 sedang uji coba jalur Kalimas-Prapat Kurung-Terminal Petikemas Surabaya (TPS) | Foto: Syifa Dewantara

[28/5] Jalur KA menuju terminal peti kemas di kawasan Pelabuhan Tanjung Perak mulai kembali menggeliat. Pada Selasa (25/5) lalu telah dilakukan proses uji coba jalur antara Stasiun Kalimas-Terminal Petikemas Surabaya (TPS), tepatnya pada segmen terminal barang Prapat Kurung-TPS.

Dresin inspeksi terminal
Rangkaian dresin sedang inspeksi Terminal Petikemas Surabaya (TPS) | Foto: Syifa Dewantara

Pada proses uji coba ini, pertama-tama jalur ini dilintasi oleh dresin inspeksi Daop 8 Surabaya dari Stasiun Kalimas ke TPS pada pukul 10.30 dan kembali sejam kemudian. Selanjutnya sekitar pukul 13.50 melintas rangkaian uji coba dari Stasiun Kalimas ke TPS. Rangkaian ini terdiri dari lokomotif CC2039810 dan 6 gerbong datar.

Rangkaian uji coba ini menempuh waktu sekitar 10 menit dari Stasiun Kalimas ke TPS. Setelah masuk ke dalam TPS, rangkaian uji coba ini pun kembali sekitar pukul 14.30.

Sebelumnya pada Sabtu (22/5) lalu telah dilakukan proses revitalisasi jalur dari Prapat Kurung-TPS ini. Proses revitalisasi ini sendiri meliputi perbaikan di jalur KA. Sementara untuk terminal barang Prapat Kurung ini berdasarkan informasi yang Tim REDaksi himpun dari media sosial terkadang digunakan untuk langsiran rangkaian KA baja coil.

Bukan pertama kalinya terdapat proses revitalisasi jalur ke TPS. Sebelumnya pada tahun 2015 telah dilakukan reaktivasi jalur ke terminal peti kemas ini. Bahkan sempat diresmikan layanan KA barang dari sana setelah tidak ada layanan sejak 2004. Namun karena suatu alasan tertentu jalur ini kembali mati suri. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

×