Perancis Perkenalkan Power Car TGV Generasi Terbaru

TGV M
Power car TGV M saat diperkenalkan 26 Mei lalu | Foto: Railway Gazette

[30/5] Sebagai operator KA Perancis, SNCF terus memperbarui armada TGV mereka. Pada 26 Mei kemarin, pihaknya baru saja memperkenalkan power car TGV generasi terbaru mereka.

Dilansir dari Railway Gazette, armada TGV generasi terbaru ini diberi nama TGV M. Perkenalan di pabrik Alstom, Belfort ini dihadiri oleh Ketua dan CEO SNCF Voyageurs Christophe Fanichet, Direktur Manajemen Voyages SNCF Alain Krakovitch dan Presiden Alstom Perancis Jean-Baptiste Eyméoud.

SNCF sendiri telah memesan 100 rangkaian TGV M ini dalam kontrak senilai 2,7 miliar Euro. Saat ini telah ada dua rangkaian purwarupa yang sedang dirakit untuk uji coba dan verifikasi. Power car TGV M dibuat di Belfort, sedangkan kereta double deckernya dibuat di La Rochelle.

Dua rangkaian ini rencananya akan beroperasi komersial pada 2024 mendatang, bertepatan dengan Olimpiade Paris. Operasi komersial ini rencananya berlangsung setelah pelatihan operasional usai pada 2023. Sedangkan uji coba diperkirakan akan berlangsung pada akhir tahun ini, dengan satu rangkaian akan dibawa ke pusat pengujian Velim pada 2022.

Bentuk power car TGV M ini sendiri sekilas mirip dengan power car Avelia Liberty untuk Amtrak. Power car ini dilengkapi pengereman regeneratif dan mode kendali ekonomis. Peningkatan bentuk aerodinamis juga diklaim berkontribusi terhadap efisiensi energi hingga 20% dibanding TGV yang ada sekarang. Sedang untuk kapabilitas performansi, power car ini dirancang dapat menarik dari 7 hingga 9 kereta double decker(RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

×