Berita KAInternasionalKereta Api

Kereta Buatan Jepang “Dapat Mendominasi” Armada Washington Metro

KRL Washington Metro seri 8000
Ilustrasi KRL Washington Metro seri 8000 buatan Hitachi | Foto: Washington Metro

[25/5] Dominansi armada kereta buatan Jepang mungkin saja membayangi Washington Metro. Hal ini dapat terjadi apabila operator ini memesan armada tambahan dari Hitachi untuk menambah kekuatan armada mereka.

Dilansir dari Mainichi, saat ini lebih dari setengah armada yang beroperasi di Washington Metro adalah buatan Jepang. Terdapat 748 armada KRL seri 7000 buatan Kawasaki yang telah berdinas sejak 2015 dan baru selesai dikirim pada 2020 lalu.

Jika Washington Metro sungguh-sungguh melaksanakan kontrak dengan Hitachi Rail Washington untuk menyuplai 800 armada untuk menggantikan armada lebih lama dari Washington Metro, maka seluruh armada Washington Metro akan menjadi buatan Jepang. Armada Hitachi ini sendiri nantinya akan diberi klasifikasi seri 8000 oleh Washington Metro.

Armada lain dari Washington Metro saat ini terdiri dari campuran buatan Breda dan Alstom. Armada buatan Breda yaitu seri 2000 dan 3000 akan digantikan oleh armada buatan Hitachi. Sementara armada buatan Alstom yaitu seri 6000 saat ini ditarik seluruhnya menyusul insiden putusnya rangkaian, dan berpotensi digantikan armada buatan Hitachi.

Saat ini Hitachi Rail Washington sendiri telah memenangkan kontrak pengadaan KRL pada bulan Maret lalu. Dalam kontrak senilai hingga 2,2 miliar Dolar Amerika ini, Hitachi Rail Washington mendesain dan membuat 256 unit KRL seri 8000 dengan opsi membuat hingga 800 unit KRL.

KRL seri 8000 ini dirancang agar lebih ringan dan lebih efisien, dan rencananya akan beroperasi mulai 2025 mendatang. (RED/IHF)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×