Berita KAInternasional

Pabrikan Polandia Akan Produksi Lokomotif Langsir Tenaga Hidrogen

Lokomotif langsir tenaga hidrogen
Desain lokomotif hidrogen yang akan diproduksi oleh Pesa | Foto: Logistyka.rp.pl

[14/5] Pabrikan kereta api Polandia, Pesa, akan memulai produksi lokomotif langsir bertenaga hidrogen. Seperti dilansir dari Logistyka.rp.pl, purwarupa lokomotif ini rencananya akan dipamerkan pada September mendatang dalam pameran Trako Fair.

Purwarupa lokomotif dengan seri SM42Dn ini mulai dikembangkan Pesa sejak 2019 silam. SM42Dn memiliki berat kosong 3.200 ton. Lokomotif ini digerakan oleh empat buah motor traksi dengan kekuatan 180 kW, dua buah inverter buatan ABB berpendingin cairan, dan baterai traksi dengan teknologi LTO berkapasitas 167,7 kWh termasuk sel hidrogen yang menjadi sumber tenaga lokomotif.

Sel hidrogennya sendiri dibuat oleh pabrikan Canadian Ballard yang dapat memproduksi listrik dengan kekuatan 85 kW. Sel ini juga dilengkapi dengan tangki yang dapat menampung 175 kg gas hidrogen. Lokomotif ini dapat dioperasikan hanya dengan 1 masinis saja. Posisi kabin yang dibuat di tengah memudahkan masinis untuk melangsir rangkaian.

Lokomotif ini juga dapat dikendalikan dari jauh menggunakan remote control. Sebagai tambahan, lokomotif ini juga dilengkapi dengan sistem monitoring jalur dan kamera di sambungan yang akan mempermudah masinis untuk menyambungkan lokomotif dengan kereta atau gerbong. Kamera yang digunakan dapat mempertahankan kualitas gambar definisi tinggi dalam situasi apapun. (RED/BTS)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×