Tanggapi Kritik Menteri Perhubungan, KAI Commuter Tambah Perjalanan KRL

KRL Commuter Line
Ilustrasi KRL Commuter Line | Foto: RED/Gilang Fadhli

[15/5] Menyusul kritik dari Menteri Perhubungan (Menhub) saat meninjau Stasiun Manggarai, KAI Commuter selaku operator KRL Commuter Line menambah jadwal perjalanan.

Berdasarkan Twitter KAI Commuter, pada Jumat (14/5) kemarin terdapat sejumlah perjalanan KRL tambahan yang beroperasi. Perjalanan KRL ini adalah perjalanan relasi Depok/Bogor-Angke dan Angke-Bogor yaitu KA 1605, 1606, 1683, 1684, dan 1695, serta perjalanan relasi Bogor-Jatinegara yaitu KA 1857-1858.

KAI Commuter menambah perjalanan ini setelah sebelumnya pada Jumat (14/5) dikritik oleh Menhub Budi Karya Sumadi saat meninjau Stasiun Manggarai.

Dilansir dari Detik, Menhub menilai di Stasiun Manggarai terjadi penumpukan pengguna. Bahkan ia sampai mengatakan pihak KAI Commuter “tidak profesional” dalam mengatur pengguna KRL Commuter Line. Berdasarkan pengamatan dan wawancara terhadap pengguna, ia mengatakan dalam 3-4 hari terakhir ada 200 ribu pengguna KRL Commuter Line.

Budi juga memperkirakan pada Sabtu-Minggu ini pengguna dapat meningkat hingga 300-400 ribu pengguna. Dari pengamatannya ia juga menilai ada lebih dari 70 pengguna dalam satu kereta, sehingga ia menilai jaga jarak tidak efektif.

Sementara dilansir dari Kumparan, menurut VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba, pengguna pada hari pertama lebaran, Kamis (13/5) mencapai 226.767 orang. Sedangkan pada Jumat siang kemarin sempat mencapai 70.906 pengguna.

Selain menambah jadwal, pihaknya juga berjanji “meningkatkan protokol kesehatan dan memperbaiki flow pengguna”. Petugas tambahan disiapkan di stasiun-stasiun padat seperti  Stasiun Tanah Abang, Stasiun Manggarai, Stasiun Pasar Minggu, Stasiun Bogor, serta Stasiun Bekasi.

Selain itu, berdasarkan Twitter KAI Commuter, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kemenhub juga telah menyiapkan bus tambahan di Stasiun Bekasi dan Cikarang dengan tujuan Stasiun Manggarai, Gondangdia, Tebet, dan Juanda.

 (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

×