Rangkaian Kereta Pertama MRT Dhaka Lintas 6 Tiba di Bangladesh

Perwakilan Jepang dan Bangladesh dalam penyambutan rangkaian kereta pertama untuk MRT Dhaka Lintas 6 | Foto: JICA

[15/5] Perwakilan Pemerintah Jepang dan Bangladesh lakukan selebrasi penyambutan rangkaian kereta pertama untuk MRT Dhaka Lintas 6 pada Selasa (11/5) kemarin di Depo Uttara, Dhaka. Seperti dilansir dari rilis JICA, rangkaian pertama ini sendiri tiba di Bangladesh pada 21 April lalu.

Acara ini dihadiri oleh sejumlah pejabat dari Jepang dan Bangladesh seperti Menteri Transportasi Jalan dan Jembatan Obaidul Quader, Duta Besar Jepang untuk Bangladesh Ito Naoki, Sekretaris Divisi Transportasi Jalan dan Jalan Raya Md Nazrul Islam, Managing Director MRT Dhaka M.A.N. Siddique, dan Chief Representative of JICA Bangladesh Office Hayakawa Yuho.

Selain menyambut di depo, rombongan juga turut mencoba rangkaian pertama di Lintas 6 MRT Dhaka. Sarana kereta Lintas 6 MRT Dhaka dibuat oleh konsorsium Kawasaki Heavy Industry-Mitsubishi Corporation di Kobe. Satu set rangkaian kereta MRT Dhaka Lintas 6 terdiri atas 6 kereta dengan lebar sepur 1435 mm.

Sumber kelistrikan kereta berasal dari kabel listrik aliran atas. Rencananya akan ada 24 rangkaian kereta yang akan dioperasikan di lintas ini. Ditargetkan seluruh rangkaian telah tiba pada Desember 2021.

MRT Dhaka Lintas 6 memiliki panjang jalur 20 km yang menghubungkan Motijheel dengan Uttara atau kawasan pusat dengan utara Kota Dhaka dengan 16 stasiun perhentian. Diharapkan kehadiran Lintas 6 ini dapat mempersingkat waktu tempuh antara kedua tempat dari yang sebelumnya 120 menit jadi hanya 36 menit.(RED/BTS)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

One thought on “Rangkaian Kereta Pertama MRT Dhaka Lintas 6 Tiba di Bangladesh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Γ—