Progress Rail Lakukan Uji Coba Lokomotifnya di Rusia

Lokomotif EMD 2TE3250 milik Yakutia Railway yang tengah menjalani uji coba | Foto: Railway Gazette

[2/5] Perusahaan operator kereta api asal Rusia, Yakutia Railway, saat ini tengah melakukan uji coba pada salah satu produk lokomotif buatan Rail Progress yakni EMD 2TE3250. Seperti dilansir dari Railway Gazette, uji coba dilakukan dengan menjalankan lokomotif pada lingkungan wilayah Yakutia yang terkenal ekstrem.

Yakutia sendiri berada di dalam kawasan Lingkar Arktik di mana temperatur di sana bisa mencapai -40 °C hingga -50 °C saat musim dingin. Sehingga kondisinya yang sangat dingin bisa sangat ekstrem bagi sarana kereta api terutama lokomotif diesel-elektrik.

Dua unit lokomotif pertama dibuat di Amerika dan dibawa ke Yakutia melalui jalur laut dan masuk ke Rusia melalui Vladivostok. Meski memiliki tampilan ala lokomotif Amerika, namun lokomotif EMD 2TE3250 milik Yakutia Railway ini menggunakan lebar sepur standar Rusia yakni 1520mm.

Lokomotif ini dapat beroperasi menggunakan bahan bakar campuran 20% solar dan 80% gas yang diyakini lebih murah dan ramah lingkungan. Lokomotif ini dapat menempuh jarak 5.000 km hingga 6.000 km dalam sekali pengisian bahan bakar.

Sejumlah parameter dijadikan pertimbangan bagi Yakutia Railway dalam mengujicoba lokomotif ini. Termasuk kekuatan kereta dan sistem pengereman kereta. Sistem asynchronous traction drive control akan membuat perjalanan kereta lebih nyaman serta membuat kereta bisa menikung dengan lebih mudah. Uji coba ini juga akan melihat bagaimana lokomotif ini dikembangkan ke depannya.

Pasalnya Yakutia Railway sendiri berencana untuk merakit sendiri lokomotif sejenis dengan menambahkan jumlah komponen lokal pada lokomotif. Seperti kabin masinis serta komponen-komponen lainnya yang akan dibuat di Rusia. (RED/BTS)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: