Amtrak Kenalkan Lokomotif Jarak Jauh Siemens Charger ALC-42 Pertama

siemens charger alc-42
Lokomotif Siemens Charger ALC-42 #300 terbaru milik Amtrak | Foto: David Lassen/Trains.com

[19/6] Unit pertama dari 75 unit lokomotif Siemens Charger ALC-42 pesanan Amtrak untuk layanan kereta api jarak jauh (KAJJ) akhirnya diperkenalkan ke publik. Amtrak mengenalkan lokomotif ini di Chicago Union Station pada Selasa (15/6) lalu waktu setempat.

Lokomotif dengan nomor #300 ini memakai skema pewarnaan “transisi” yang hanya akan ditampilkan pada beberapa lokomotif. Lokomotif ini menggunakan warna biru yang diakhiri dengan tanda chevron merah yang dimaksudkan untuk mengingatkan kembali penggunaan skema pewarnaan Phase I. Sedangkan warna biru sendiri merupakan warna utama skema pewarnaan Phase VI yang nantinya akan digunakan lokomotif Charger ALC-42 lainnya.

Skema Phase VI yang nantinya akan digunakan pada lokomotif ALC-42 lainnya | Ilustrasi: Amtrak

Siemens Charger ALC-42 memiliki sejumlah peningkatan dari varian SC-44 yang digunakan dalam layanan Amtrak yang didukung negara bagian. Dibandingkan dengan SC-44, ALC-42 memiliki fitur khusus untuk layanan jarak jauh, seperti sistem kontrol kereta tambahan untuk layanan nasional, tangki bahan bakar diesel yang lebih besar (2.200 galon AS (8.300 liter) daripada 1.800 galon AS (6.800 liter) pada SC-44), tangki pelumas saluran buang yang lebih besar, tangki pasir yang lebih besar, dan bagian hidung yang diperpanjang dengan lampu depan yang di desain ulang untuk meningkatkan reparabilitas.

Tenaga mesin pada varian ALC-42 diturunkan dari 4.400 tenaga kuda menjadi 4.200 tenaga kuda (3.100 kW) untuk memperpanjang interval perawatan. Selain itu, hidung lokomotif juga berubah dibanding varian SC-44 untuk mengurangi waktu perbaikan bila lokomotif mengalami tabrakan.

Amtrak dan Siemens telah mengubah program komputer lokomotif untuk mengatasi satu masalah yang dilaporkan terjadi pada varian SC-44. “Kami telah melihat beberapa masalah slip roda, dan sungguh, itu ada dalam algoritme traksi AC,” kata Devon Parsons, manajer senior teknik peralatan Amtrak, seperti dikutip dari Trains. “Jadi kami memang membuat perubahan itu dengan Siemens, secara menyeluruh.”

Amtrak akan menerima pengiriman pesanan awal 75 unit untuk lokomotif hingga tahun 2024, dengan pengiriman diharapkan sekitar dua unit per bulan. Berikutnya adalah lokomotif nomor #301, yang akan memakai skema “Day One” yang didominasi warna hitam yang ditampilkan pada satu unit lokomotif ketika Amtrak diluncurkan pada tahun 1971.

Lokomotif Siemens Charger ALC-42 akan menggantikan GE P42DC Genesis yang sebelumnya digunakan pada KA jarak jauh secara bertahap hingga 2024, namun GE P42DC Genesis akan tetap beroperasi pada KA jarak menengah. (RED/MPF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Muhammad Pascal Fajrin

A kid from yesterday, today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×