Crane Proyek Jalur Ganda Bogor-Sukabumi Terguling, Tiada Korban Jiwa

Crane jalur ganda Bogor-Sukabumi
Crane proyek jalur ganda Bogor-Sukabumi yang terguling di Batutulis | Foto: Sindonews

[7/6] Sebuah insiden melibatkan tergulingnya crane dalam proyek jalur ganda Bogor-Sukabumi terjadi pada Minggu (6/6) kemarin.

Dilansir dari Sindonews, kejadian ini terjadi pada viaduk di wilayah sekitar Batutulis, tepatnya pada jembatan BH. 37 KM 4+557 antara Batutulis-Ciomas. Dalam keterangan Kepala Balai Besar Perkeretaapian Wilayah Jawa Bagian Barat Erni Basri pada Sindonews, saat kejadian crane dengan kapasitas 45 ton ini sedang mengangkat rangka jembatan lama, dengan kondisi hujan gerimis.

Akan tetapi, crane tersebut tampak mulai miring ke sebelah kiri, sebelum kemudian terguling. Dari video yang dikirimkan ke grup Facebook Motuba, tampak muatan mulai mengayun kencang. Tak lama kemudian, lengan crane dan muatan tampak mengayun ke sebelah kiri, dan crane pun mulai terguling.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini meskipun crane mengalami kerusakan. Pekerjaan jalur ganda Bogor-Sukabumi pun tetap dapat berlanjut. Sementara penyebab insiden ini tengah diinvestigasi oleh konsultan pelaksana, sedangkan Erni memberi dugaan kondisi tanah labil berperan dalam kejadian ini.

Sebagai informasi pembangunan jalur ganda Bogor-Sukabumi saat ini tengah masuk fase pembongkaran jalur eksisting. Selain viaduk di Batutulis, sebelumnya pada akhir Mei telah berlangsung pembongkaran trek di bawah viaduk Jalan Pahlawan.

(RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×