Keliru Tanggapi Aduan Pelecehan Seksual, Admin Twitter KAI Commuter Disanksi

Ilustrasi KRL Commuter Line
Ilustrasi KRL Commuter Line tujuan Cikarang | Foto: RED/Rico Perdana Putra

[6/6] Peristiwa yang kurang pantas baru saja terjadi di jagat media sosial KAI Commuter. Pasalnya dari akun resmi Twitter KAI Commuter justru meluncur tanggapan yang tidak sepatutnya saat menanggapi aduan pelecehan seksual.

Dilansir dari Detik, peristiwa ini dimulai saat akun @ZharRala dalam tweet yang saat berita ini ditulis telah dihapus melaporkan kejadian pelecehan seksual yang dialami temannya di KRL Commuter Line. Ia mengunggah tayangan seorang pria bermasker dan bercelana pendek dengan keterangan “Pelaku pelecehan seksual. Hati-hati buat yang naik kereta Cikarang kalau lagi padat“. Peristiwa ini diketahui terjadi di atas KRL KA 1452 Jakarta Kota-Cikarang hari Jumat (4/6) kemarin pada pukul 19.00.

Tak lama kemudian muncul balasan dari akun KAI Commuter yang justru mengatakan “BTW kejadian nya di alami sama temen Mba kan.?? bukan sama mbak nya?? Kenapa gak langsung Lapor Polisi aja Mbanya? dan kalo lapor polisi si mba nya pun harus ada bukti..“.

Balasan aduan KAI Commuter
Balasan aduan KAI Commuter yang menimbulkan kecaman | Foto: @ZharRala (Tweet telah tidak tersedia)

Tak lama berselang, muncul lagi balasan dari akun KAI Commuter yang memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami. Namun hal tersebut telah terlambat dilakukan, karena tanggapan tersebut telanjur viral. Netizen yang melihatnya pun berkomentar negatif, salah satunya dari akun @twinklettlestar yang mengecam tanggapan tersebut.

KAI Commuter pun memberikan permohonan maaf atas “kekeliruan agent” dalam merespon kritik tersebut. KAI Commuter menyebutkan hal tersebut tidak dibenarkan dan tidak mencerminkan layanan mereka. Selanjutnya, KAI Commuter juga telah melakukan “pembinaan” terhadap agent tersebut.

Klarifikasi KAI Commuter
Klarifikasi dari Twitter KAI Commuter | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy Klarifikasi KAI Commuter

Lanjutan klarifikasi dari Twitter KAI Commuter | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

Selain itu KAI Commuter telah menyampaikan kasus ini ke unit keamanan untuk kemudian diproses. KAI Commuter juga akan mendampingi korban jika hendak membawa perkara ini ke kepolisian. Sementara itu, VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba menjelaskan akses ke Twitter KAI Commuter untuk admin tersebut telah dicabut.

Admin tersebut juga akan diproses lebih lanjut dan akan dijatuhkan sanksi terhadap yang bersangkutan. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

×