Jalur KA Bandara Yogyakarta Diujicoba dengan MPJR

MPJR berjenis SSP saat berada di Jembatan Jalan Nasional | Foto: Trian Anugrah via Indonesian Railfans

[19/7] Setelah menjalani masa konstruksi yang cukup panjang, Jalur KA Bandara Yogyakarta antara Kedundang dan Bandara YIA mulai diujicoba dengan mesin perawatan jalan rel (MPJR). Uji coba dilakukan pada Rabu (14/7).

Meskipun jalurnya belum sepenuhnya tersambung, uji coba dilakukan untuk melihat apakah konstruksi jalur sudah siap atau belum untuk dilalui sarana kereta. Sebanyak 2 jenis MPJR ikut dalam uji coba ini, di antaranya adalah 2 unit MTT dan dan 1 unit SSP.

Dalam uji coba ini, MPJR melaju dengan kecepatan sangat rendah yakni 5 km/jam. Uji coba tidak dilakukan sampai Bandara YIA melainkan hanya sampai Jembatan Jalan Nasional dan kembali lagi ke Stasiun Kedundang. Hal ini dikarenakan jalur arah Bandara YIA saat ini masih dalam masa konstruksi.

Hingga saat ini pembangunan Jalur KA Bandara YIA sudah mencapai 90 persen. Di mana sejumlah konstruksi sudah selesai dilakukan. Seperti pembangunan bangunan baru Stasiun Kedundang yang telah rampung, pemasangan sinyal dan wesel elektrik, dan penyambungan jalur di sejumlah titik. Ditargetkan jalur ini sudah bisa beroperasi pada Agustus 2021 mendatang. (RED/BTS)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×