Berita KAInternasionalKereta Api

Lituania Remajakan Lokomotif Langsir Era Soviet

Lokomotif langsir Lithuania
Lokomotif langsir Lituania, TEM2UM-1000 yang telah dimodernisasi | Foto: Railway Gazette

[19/7] Operator KA Lituania, Lietuvos geležinkeliai atau LTG lakukan peremajaan pada salah satu lokomotif langsir mereka. Lokomotif langsir ini adalah kelas TEM2UM-1000.

Dilansir dari Railway Gazette, peremajaan ini menggunakan komponen yang berasal dari Amerika dan Eropa. Peremajaan ini diklaim dapat mengurangi konsumsi bahan bakar hingga 30% dan memenuhi standar Tier V Uni Eropa untuk emisi partikulat.

Peremajaan ini meliputi pemasangan mesin Caterpillar C32, generator utama dan generator tambahan bertipe EMIT, dan kompresor Airpol SK30. Selain itu, juga dipasang sistem CCTV dan pemantau aliran bahan bakar. Menurut CEO LTG Tech Albertas Bajorinas, modernisasi agar lokomotif ini memenuhi standar kinerja dan ekonomi modern membutuhkan biaya 60% dari biaya beli lokomotif baru.

Lokomotif TEM2 sendiri telah diproduksi sebanyak ribuan unit di Uni Soviet dan digunakan di sejumlah wilayah dengan lebar rel 1.520 mm. Bajorinas mengatakan operator lain di Lituania dan Ukraina tertarik akan modernisasi ini. Pekerjaan serupa juga menurutnya dapat dilakukan pada lokomotif SM48, varian 1.435 mm dari lokomotif TEM2. (RED/IHF)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×