Sayonara Suara Inverter “Doremi” KRL Keikyu Seri N1000!

Rangkaian KRL inverter "doremi"
Rangkaian KRL Keikyu terakhir dengan inverter VVVF-GTO, 1033F | Foto: LERK, Wikimedia Commons, CC-BY-SA

[21/7] KRL dengan inverter VVVF-GTO merek Siemens milik Keikyu merupakan ciri khas tersendiri di kalangan railfans Jepang. Pasalnya inverter ini memiliki bunyi ciri khas “doremi” saat akselerasi. Bahkan suara inverter “doremi” ini sampai digunakan salah satunya oleh musisi SUPER BELL”Z  dalam lagu berjudul “Motorman Keikyu VVVF”.

Lagu “Motorman Keikyu” yang menampilkan efek suara khas inverter VVVF-GTO Siemens pada KRL Keikyu | Video: sangyoon3

Akan tetapi, ciri khas ini kini telah berakhir. Pasalnya Keikyu akan mengganti inverter pada rangkaian terakhir yang memiliki inverter ini, 1033F. Dilansir dari Yahoo News Jepang, acara perpisahan ini berlangsung pada Minggu (18/7) lalu.

Acara perpisahan ini dihadiri oleh sejumlah kalangan. Sebanyak 200 orang dari Keikyu Department Store, 170 orang dari sekolah budaya “Cotonowa”, dan 30 orang pemenang lotere tiket perpisahan. Menurut Departemen Sales Keikyu Manabu Ijima, lotere tiket ini langsung habis terjual hanya beberapa menit setelah dikeluarkan.

Rangkaian ini berangkat dari Stasiun Keikyu Shinagawa pada pukul 9:04 pagi waktu setempat dan tiba di bengkel Keikyu di Kurihama sekitar pukul 10 pagi. Saat di bengkel, para peserta diberi kesempatan untuk foto bersama, mendengarkan suara inverter “doremi” KRL Keikyu di dalam dan luar kereta, serta mengikuti kuis.

Penggunaan inverter VVVF-GTO Siemens di Jepang ini sendiri tidak terbatas pada Keikyu seri N1000 saja. Dahulu KRL Keikyu seri 2100 dan JR East seri E501 juga awalnya memiliki inverter ini, lengkap dengan bunyi ciri khasnya. Namun kedua jenis KRL ini sekarang seluruhnya sudah menggunakan inverter VVVF lain. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×