CRRC Perlihatkan Maglev Kecepatan Tinggi Buatannya

Rangkaian maglev kecepatan tinggi pertama buatan CRRC yang dipamerkan di pabrik CRRC di Qingdao | Foto: Xinhuanet

[21/7] Pabrikan kereta api Tiongkok, CRRC, memperlihatkan rangkaian pertama maglev kecepatan tinggi buatannya yang telah jadi di pabrik CRRC di Kota Qingdao, Provinsi Shandong pada Selasa (20/7) kemarin. Tamu undangan diajak merasakan sensasi naik rangkaian maglev ini.

Tak hanya dipamerkan secara statis, rangkaian maglev juga dijalankan di jalur uji yang berada di area pabrik. Seperti dilansir dari Xinhuanet, pihak CRRC mengatakan rangkaian pertama ini telah menjalani uji coba di jalur uji yang berada di area pabrik.

Teknisi juga berhasil mengsinkronkan kendali di setiap kereta. Kehadiran rangkaian pertama maglev kecepatan tinggi ini juga membuktikan bahwa teknisi Tiongkok sudah berhasil menguasai keteknikan maglev, termasuk sistem integrasi, produksi kereta, sistem traksi, keteknikan jalur, sistem komunikasi, dan pengaturan perjalanan.

Tampilan interior maglev kecepatan tinggi Tiongkok | Foto: Xinhuanet

Kepala teknisi proyek maglev Ding Sansan mengatakan satu kereta rangkaian maglev kecepatan tinggi ini dapat mengangkut hingga 100 orang dalam sekali jalan. Maglev kecepatan tinggi ini juga dapat beroperasi dengan dua hingga 10 kereta dalam satu rangkaian.

Ding mengatakan maglev kecepatan tinggi ini dapat menjadi solusi untuk pengangkutan penumpang dengan jarak 1.500 kilometer serta mengisi selisih kecepatan antara pesawat dan kereta api kecepatan tinggi. Diumumkan pada 2016, maglev kecepatan tinggi yang dikembangkan sendiri oleh Tiongkok ini dapat melaju dengan kecepatan 600 km/jam, dan berhasil menjalani uji coba pada Juni 2020.

CRRC mengklaim maglev ini menjadi kereta tercepat di dunia untuk saat ini. Sebagai perbandingan, Maglev Chuo Shinkansen memiliki kecepatan operasional 505 km/jam. (RED/BTS)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×