Jalur KA Bandara Yogyakarta Diujicobakan dengan Lokomotif dan KRDI

KRDI uji coba bandara
Uji coba rangkaian KRDI di jalur arah Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) | Foto: Anasruloh

[20/7] Jalur KA Bandara Yogyakarta (YIA) kembali diujicobakan dengan menggunakan sebuah lokomotif CC206 dan rangkaian KRDI. Sebelumnya, jalur ini diujicobakan dengan mesin perawatan jalan rel (MPJR) pada Rabu (14/7) lalu.

Proses uji coba ini berlangsung pada Senin (19/7) kemarin. Berdasarkan informasi dari media sosial, sarana yang pertama kali melakukan uji coba ini adalah lokomotif CC2061362 pada pagi menjelang siang. Sedangkan pada siang harinya, jalur KA Bandara Yogyakarta kembali diujicobakan dengan rangkaian KRDI K3 0 09 17-20.

Berbeda dengan proses uji coba pada Rabu lalu, kali ini uji coba sudah sampai ke emplasemen Stasiun Bandara YIA. Dilansir dari Detik Finance, uji coba dengan lokomotif berlangsung dengan kecepatan 20-40 km/jam. Sedangkan uji coba dengan KRDI berlangsung dengan kecepatan 40-60 km/jam.

CC 206 uji coba bandara
Uji coba lokomotif CC206 di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) | Foto: Ignatius Rendy Chandra Setiawan

PPK Kegiatan Pengembangan Perkeretaapian Area 1 Balai Teknik Perkeretaapian Kelas 1 Wilayah Jawa Bagian Tengah Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, Dheky Martin menyebutkan progres pembangunan jalur KA Bandara YIA sendiri telah mencapai 96,35%.

Untuk jalur hilir (dari Kedundang hingga Bandara YIA) sudah 100% rampung. Sedang untuk jalur hulu (dari Bandara YIA ke Kedundang) masih dalam proses pengerjaan, dengan sisa 700 meter lagi.

Rencananya uji coba penuh akan dilakukan awal Agustus mendatang. Hingga kini, target peresmian jalur KA Bandara YIA masih dipatok pada 17 Agustus 2021 mendatang. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×