Pemkab Garut Teken Kerja Sama dengan KAI Logistik

 

Ilustrasi KA angkutan logistik | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

REDigest.web.id – 26/8, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut resmi melakukan kerja sama dengan KAI Logistik (PT Kalog) untuk mengangkut hasil produksi dari Garut menuju Jakarta.

Dilansir dari situs Pemerintah Jawa Barat, Pemkab Garut melakukan nota kesepakatan dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia dan KAI Logistik yang dilaksanakan di Ruang Pamengkang, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Selasa (24/8) silam.

Bupati Garut, Rudy Gunawan berterimakasih kepada Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian yang telah membimbing Kabupaten Garut dalam sistem perdagangan. Ia menyebutkan program closed loop yang diterapkan Pemkab Garut untuk pembangunan sistem pertanian yang terintegrasi bisa diadopsi Kementerian Pertanian.

Selain itu, ia juga meyakini pemasaran hasil produksi dapat terbantu dengan moda kereta api. Menurutnya, angkutan KA lebih efektif, efisien, serta bebas hambatan. Rudy juga berencana akan bersosialisasi ke daerah industri lain agar mau menggunakan kereta api.

Asisten Deputi Pengembangan Agribisnis Hortikultura Kemenko Perekonomian, R.R. Yuli Sri Wilanti juga mengapresiasi langkah Pemda Garut untuk mendukung reaktivasi jalur KA Cibatu-Garut. Ia juga menyampaikan bagaimana agar Stasiun Garut nanti bisa melakukan uji coba angkutan bahan pangan.

Plt. Direktur Utama PT Kereta Api Logistik, TLN Ahmad Malik Syah mengatakan angkutan logistik tersebut telah dilakukan uji coba. Angkutan tersebut berangkat sekitar pukul 22.40 dan tiba di Pasar Senen sekitar pukul 04.30 pagi, dan sampai di Eden Farm sekitar pukul 9 pagi. Meski demikian, ia tidak menyebutkan secara detail bagaimana uji coba tersebut, ataupun angkutan tersebut diikutkan dengan KA apa.

Stasiun Garut sendiri awalnya telah ditarget beroperasi Juni kemarin. Namun hingga saat ini, pengoperasian tersebut kembali tertunda. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: