Bupati Garut Canangkan Stasiun Garut Beroperasi Kembali Juni 2021

KA Inspeksi Stasiun Garut
Rangkaian KA Inspeksi sedang berada di Stasiun Garut, Februari 2020 | Foto: Kang Sukro

[28/4] Beroperasi kembali beroperasinya lintas Cibatu-Garut tampak selangkah lebih dekat. Pasalnya Bupati Garut telah mencanangkan rencana lintas ini beserta Stasiun Garut akan beroperasi pada Juni mendatang.

Dilansir dari Galamedia, Bupati Garut Rudy Gunawan menyampaikan rencana ini ke media pada Senin (26/4) kemarin. Pada hari yang sama, ia juga berangkat ke Jakarta untuk memastikan rencana tersebut dengan berkomunikasi bersama PT KAI dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Selain itu, Rudy juga berharap Presiden Joko Widodo dapat meresmikan pengoperasian kembali Stasiun Garut. Ia telah membicarakan kemungkinan adanya “satu kereta wisata dari Jakarta”. Sementara untuk rute, ia menyampaikan nantinya perjalanan KA dari Garut tidak hanya sampai Cibatu.

Pihaknya telah merencanakan untuk membuka rute lain seperti ke Jakarta dan Yogyakarta. Dari negosiasi yang dilakukan ke PT KAI, pihaknya telah mendapat slot jadwal 04.30 pagi dari Garut ke arah Bandung. Ia berharap perjalanan KA ini dapat menarik minat orang yang bekerja di Bandung. Sedangkan waktu tempuh dari Garut ke Cibatu diharapkan hanya 20 menit saja.

Selain itu, guna mendukung reaktivasi Stasiun Garut, telah dilakukan pembersihan di Jalan Bank dan Jalan Veteran. Pembersihan ini dilakukan untuk membuat trotoar yang lebih tertata.

Sementara itu dari pihak KAI, Direktur Utama Didiek Hartantyo juga telah menerima kunjungan Bupati Garut. Namun ia tidak berkomentar perihal target reaktivasi di bulan Juni 2021.

Sebelumnya, jalur KA Cibatu-Garut telah sukses tersambung seutuhnya pada Januari 2020 lalu, dan sempat diujicobakan dengan rangkaian KA pada Maret 2020. Namun kemudian menurut pihak PT KAI Daop 2 Bandung pengoperasian lintas yang mati sejak 1983 ini tertunda akibat pandemi COVID-19. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: