Ulang Tahun KAI ke-76, Ini Dia Sorotan Acara Upacaranya

Didiek Hartantyo Upacara
Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo saat memberikan pidato upacara KAI | Sumber: Tangkapan layar YouTube

REDigest.web.id, 28/9 – Operator KA nasional Indonesia, PT KAI hari ini merayakan ulang tahunnya yang ke-76. Dalam acara ulang tahunnya ini KAI telah memperingati upacara dan acara puncak peringatan ulang tahunnya. Dalam kedua acara ini, KAI menampilkan transformasi-transformasi yang mereka telah lakukan, dan sejumlah performance musikal.

Upacara Ulang Tahun

upacara hut kai
Pengumandangan lagu Indonesia Raya | Sumber: Tangkapan layar YouTube

Upacara ulang tahun KAI dibuka oleh ucapan selamat dari Menko Perekonomian Airlangga Hartanto, lalu kemudian lagu Indonesia Raya, mars KAI, mengheningkan cipta, pembacaan Pancasila, UUD 1945, dan visi-misi KAI. Selanjutnya Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo memberikan pidato upacara.

Didiek menyampaikan tema “Melayani Lebih Cepat dan Lebih Baik” sebagai representasi KAI yang ingin bergerak lebih cepat dan terus meningkatkan kualitas pelayanannya. Selain itu, ia menyampaikan pandemi COVID-19 telah menimbulkan dampak yang besar dan masih ada di depan mata. Namun ia menilai pandemi tersebut memiliki dampak positif sebagai motivasi bagi KAI untuk beradaptasi.

Adaptasi tersebut di antara lain adalah transformasi digital, program loyalitas Railpoint, layanan taksi Blue Bird, live cooking di atas KA unggulan, layanan vaksinasi, dan inetgrasi KAI dengan PeduliLindungi. Ia menambahkan perubahan model bisnis, ransformasi digital, pengembangan SDM, pengembangan potensi bisnis baru, dan pengembangan teknologi mutlak diperlukan.

Setelah pidato pembuka, upacara berlanjut dengan penghargaan kepada karyawan untuk masa bakti, keteladanan, dan prestasi seperti karya proyek, karya individu, dan wiraswasta. Selain itu, juga diberikan penghargaan kepada unit-unit usaha, UPT terbaik dimenangkan oleh UPT Solo Balapan, stasiun terbaik dimenangkan oleh UPT Stasiun Ngrombo, pusdalopka terbaik dimenangkan oleh Pusdalopka 2 Bandung.

Setelah itu, dilakukan peletakan karangan bunga, dan pembacaan doa, sebelum kemudian upacara ditutup.

Antara Acara

Safety Rail Map
Salah satu inovasi digital di bidang perawatan prasarana KAI dengan aplikasi Safety Rail Map (SRM) | Sumber: Tangkapan layar YouTube

Di antara upacara dan acara puncak ulang tahun KAI, ditampilkan sejumlah inovasi digital KAI di bidang pelayanan internal mereka.

Untuk unit kantor di antaranya adalah aplikasi RAPID untuk pengadaan secara digital, WFH COVID-19 KAI, fitur E-RM (E-Rencana Mutasi) pada Raileo untuk proses mutasi karyawan yang lebih mudah, E-KBD untuk mencetak Kartu Bukti Diri.

Lalu untuk unit perawatan sarana terdapat aplikasi seperti FIORI untuk digitalisasi dokumentasi perawatan, SIMONTA untuk montior perawatan, Mobile Schowing, GRAMS untuk monitor kesehatan generator pembangkit, Mobile TKA, dan LRMS untuk monitor kondisi kesehatan lokomotif. Selain itu KAI juga menampilkan program e-learning mereka dengan aplikasi EDUKAI.

Sedangkan untuk unit jalan dan jembatan terdapat aplikasi Safety Rail Map untuk mengetahui keadaan jalur KA dan wilayah rawan sebagai early warning risiko anjlokan. Juga terdapat laboratorium kalibrasi untuk menjaga akurasi dan keandalan alat ukur.

Acara Puncak

Upacara puncak HUT KAI
Video klip mars KAI spesial HUT 76 dengan lokomotif CC2017723 | Sumber: Tangkapan Layar YouTube

Acara puncak dibuka oleh safety induction di Ruang Integritas dan kemudian tarian sebelum kemudian para MC masuk. Para MC menyampaikan meski di saat pandemi, terdapat banyak upaya untuk melindungi insan KAI seperti kesehatan dan kesejahteraan. Bahkan tidak ada satupun pekerja KAI yang diberhentikan akibat pandemi.

Selain itu, KAI juga melakukan perlindungan terhadap pengguna KA dengan protokol kesehatan, dan efisiensi serta mencari sumber pemasukan baru sebagai adaptasi dalam pandemi ini. Acara kemudian berlanjut dengan lagu Indonesia Raya, mars KAI, lalu kemudian ucapan doa.

Acara kemudian berlanjut dengan sambutan dari Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo dengan menyampaikan transformasi dan adaptasi KAI seperti pada upacara. Selain transformasi bisnis, Didiek juga menyampaikan transformasi model bisnis dan transformasi pemasaran KAI dengan memanfaatkan teknologi agar lebih efisien.

Acara kemudian berlanjut dengan prosesi pemotongan tumpeng sebagai tanda selebrasi dan ucapan selamat dari figur-figur penting Indonesia dan Kedutaan Besar Republik Rakyat Tiongkok. Kemudian acara berlanjut dengan penyerahan bantuan Bina Lingkungan Produktif, dan penayangan video klip mars KAI versi spesial HUT KAI oleh Direktur Utama KAI bersama Bottlesmoker dan Indahkus.

Safety no Anjlokan
Penampilan lagu Safety no Anjlokan | Sumber: Tangkapan layar YouTube

Acara kemudian berlanjut dengan konser musik yang dinyanyikan oleh Music on Train Daop 4 Semarang, lagu rap dari Pecinta Kereta Api Lingkup Madiun (PECEL MADIUN), lalu lagu Safety no Anjlokan. Acara kemudian ditutup oleh penampilan dari Andien.

Bagi pembaca yang ingin menyaksikan acara upacara ulang tahun KAI dapat membuka pranala ini. Sementara untuk yang ingin menyaksikan acara puncaknya, dapat membuka pranala ini. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×