KA Airlangga akan Beroperasi Mulai 1 Oktober 2021

KA Tegal Ekspres PSO
KA Tegal Ekspres, KA ini nantinya akan digantikan oleh sesama KA ekonomi PSO, KA Airlangga pada relasi Pasar Senen-Tegal | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

REDigest.web.id, 29/9 – Kabar gembira bagi yang membutuhkan perjalanan KA ekonomi bersubsidi (PSO) di lintas Pantura. Pasalnya mulai 1 Oktober besok, KAI akan mengoperasikan KA Airlangga yang merupakan KA kelas ekonomi PSO dengan relasi Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi.

KA Airlangga ini merupakan satu lagi KA baru di GAPEKA 2021. Menurut informasi dari kanal pemesanan tiket, KA Airlangga akan menggunakan 8 kereta ekonomi dengan 106 tempat duduk. Sementara itu, dari informasi yang Tim REDaksi peroleh di media sosial, KA Airlangga akan menggunakan rangkaian KA Tawang Jaya yang selama pandemi ini tidak beroperasi.

Tidak hanya itu, mulai 1 Oktober juga, KA Airlangga akan menggantikan peran KA Maharani relasi Semarang Poncol-Surabaya Pasar Turi pp dan KA Tegal Ekspres dengan relasi Pasar Senen-Tegal pp. Kedua KA ini akan terakhir beroperasi Kamis (30/9) besok. Berikut adalah jadwal KA Airlangga.

Jadwal KA Airlangga
Jadwal KA Airlangga | Sumber data: PT KAI

Sementara untuk tarifnya sendiri adalah Rp 49.000 untuk relasi Pasar Senen-Tegal (seperti Tegal Ekspres), Surabaya Semarang Poncol-Surabaya Pasar Turi (seperti Maharani), dan Tegal-Semarang Poncol. Untuk tarif dengan relasi lebih jauh ataupun full trip sendiri adalah Rp 104.000.

KA ekonomi bersubsidi di lintas Pantura sendiri sudah lama tidak ada sejak KA Kertajaya menjadi KA nonsubsidi sejak 1 April 2016. Harga tiket terakhir KA ini saat masih disubsidi adalah Rp 90.000. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×