KRL Seri 315 Pertama JR Central Keluar dari Pabrik

KRL seri 315 rangkaian ShiN C1 dalam pengiriman menuju Depo Jinryo | Foto: Twitter @ZmdClIXYLnpvu8R (しん鉄)

REDigest.web.id, 9/11 – KRL seri 315 pesanan JR Central akhirnya keluar dari pabrik. Rangkaian pertama KRL ini, ShiN C1, keluar dari pabrik Nippon Sharyo di Toyokawa dan berjalan ke Depo Jinryo di Kasugai sebagai kereta luar biasa (KLB) uji coba.

KRL seri 315 merupakan KRL komuter pertama JR Central sejak KRL seri 313 meluncur ke publik di tahun 1999. KRL ini memiliki toilet pada kereta urut 1 dan kereta berpendingin udara lemah pada kereta urut 2. Sistem informasi penumpang pada KRL ini menggunakan LED full color seperti layaknya kereta modern lainnya di Jepang. Selain itu, LED ini juga dapat menampilkan bahasa Inggris di samping bahasa Jepang. LED ini juga menampilkan nomor urut kereta seperti pada KRL seri 225 milik JR West.

Pionir

KRL seri 315 juga merupakan KRL milik JR Central pertama buatan Nippon Sharyo yang menggunakan metode konstruksi blok (block construction method). Metode konstruksi ini merupakan metode konstruksi yang lazim digunakan pada kereta-kereta modern buatan Nippon Sharyo.

krl seri 315
Susunan rangkaian KRL seri 315 rangkaian ShiN C1 | Litbang RED

Selain itu, walaupun memiliki konfigurasi rangkaian yang sangat umum, namun setiap kereta bermotor memiliki komponennya sendiri. Sistem yang lazim disebut sistem 1M ini semakin lazim digunakan pada KRL-KRL modern karena ukuran komponennya yang mengecil. Atas penggunaan konfigurasi ini, KRL ini tidak menggunakan kode MoHa 314 untuk kereta motor kedua. JR Central membaginya menjadi MoHa 315-0 dan MoHa 315-500. Toshiba, yang juga menjadi pabrik pembuat propulsi KRL seri 313, menjadi pabrik pembuat propulsi VVVF-SiC untuk KRL ini.

Penomoran unit kereta masih menggunakan huruf JNR. JR Central masih menggunakan huruf ini pada KRL-KRL komuter mereka. Selain rangkaian 8 kereta, JR Central juga akan meluncurkan versi rangkaian 4 kereta di tahun depan.

Rencana pengadaan sarana oleh JR Central | Sumber: JR Central melalui train-fan.com

Sebanyak 7 rangkaian formasi 8 kereta akan keluar dari pabrik di tahun ini. Produksi KRL ini masih akan berlanjut hingga tahun 2025 mendatang.

JR Central telah mengumumkan pengadaan KRL seri 315 sejak 22 Januari 2020. Perusahaan tersebut juga telah mempublikasikan desain KRL ini pada 18 Mei 2021 lalu. KRL ini akan menggantikan KRL seri 211, 213, dan 311 yang telah beroperasi sejak lama. (RED/MPF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Muhammad Pascal Fajrin

A kid from yesterday, today

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: