Berita KAIndonesiaKereta ApiKereta Cepat

100 Ton Besi Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Diduga Dicuri

Struktur terpanjang KCJB
Struktur layang terpanjang proyek KCIC di jembatan Grand Wisata | Foto: Kompas

REDigest.web.id, 10/11 – Sebanyak 100 ton besi untuk proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung diduga dicuri.

Melansir dari Tempo, pencurian ini bahkan sudah berlangsung selama 6 bulan lamanya. Hal ini diketahui dari keterangan 5 orang tersangka yang berhasil terciduk Polres Metro Jakarta Timur.

Tersangka berinisial DR, SA, SU, AR, dan LR ini terciduk pada 3 November lalu. Mereka melakukan aksinya pada 30 Oktober lalu pukul 02.00 dini hari.

Para pelaku ini mencuri besi proyek kereta cepat dari Wika. Meskipun para petugas keamanan mengetahui dan berusaha menciduk pelaku, mereka berhasil kabur dengan meninggalkan truk bak terbuka berisi besi curian tersebut.

Berdasarkan keterangan Kapolres Metro Jakarta Timur Komisiaris Besar Kepolisian Erwin Kurniawan, pelaku telah mencuri lebih dari 100 ton besi kereta cepat.

Menurutnya jumlah persisnya adalah 111.081 kg. Ia pun sampai tercengang saat mengeluarkan pernyataan tersebut kepada media.

Saat ini pihak kepolisian telah mengembangkan penyelidikan kasus tersebut. Termasuk di antaranya dugaan keterlibatan orang dalam pada kasus ini. Masalah ini melebar karena proyek kereta cepat ini termasuk Proyek Strategis Nasional.

Para tersangka pencuri besi ini pun dikenakan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan, dengan ancaman hukuman penjara maksimal tujuh tahun.

(RED/IHF)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×