Melihat TBM Yang Akan Digunakan Untuk Pembangunan MRT Jakarta Fase 2

TBM buatan Kawasaki Heavy Industries yang akan digunakan untuk pembangunan Jalur MRT Jakarta Fase 2 | Foto: MRT Jakarta

REDigest.web.id, 17/11 – MRT Jakarta memperlihatkan tunnel boring machine (TBM) yang akan digunakan dalam pembangunan Jalur MRT Jakarta Fase 2A dari Bundaran HI hingga Harmoni. Sepintas mesin TBM untuk fase 2A terlihat sama seperti yang digunakan dalam pembangunan jalur bawah tanah Fase 1.

Bedanya mesin TBM yang digunakan pada Fase 2 dibuat oleh pabrikan Kawasaki Heavy Industries. Sedangkan yang digunakan di pembangunan jalur bawah tanah Fase 1 dibuat oleh Japan Tunnel System Corporation. Cara kerja TBM baru ini sama seperti TBM yang digunakan sebelumnya.

Mesin bor di bagian depan mesin akan menggali tanah dan membuang tanah tersebut ke belakang. Di saat yang bersamaan, mesin di bagian samping TBM akan memasang konstruksi beton terowongan. Rencananya mesin ini akan mulai digunakan untuk menggali terowongan dari Stasiun Thamrin hingga Stasiun Bundaran HI. (RED/BTS)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: