Berita KAIndonesiaKereta Api

Kementerian Perhubungan akan Perpanjang Rute KA BIAS ke Wonogiri

Ilustrasi KA BIAS
Ilustrasi KA Bandara Adi Sumarmo (KA BIAS) | Foto: Jateng Daily

REDigest.web.id, 5/3 – Kabar mengejutkan datang dari Kementerian Perhubungan. Pasalnya dalam webinar bertajuk “1 Tahun KRL Yogyakarta-Solo”, pihaknya telah membenarkan rencana perpanjangan rute KA Bandara Internasional Adi Sumarmo (KA BIAS) ke Wonogiri.

Dalam webinar tersebut, Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri memaparkan rencana perpanjangan KA BIAS dari Stasiun Bandara Adi Sumarmo ke Wonogiri. Dalam rencana ini Zulfikri menyebutkan ada rencana penambahan 2 perjalanan KA, yakni pagi dan sore untuk mengintegrasikan dengan perjalanan KRL Yogyakarta-Solo.

Rencana pengembangan jalur KA di Solo dan sekitarnya
Rencana pengembangan jalur KA di Solo dan sekitarnya. Untuk perpanjangan rute KA BIAS tampak pada poin 4. | Sumber: Direktorat Jenderal Perkeretaapian

Dengan pola ini, akan ada dua pola perjalanan KA dari Wonogiri, yakni Wonogiri-Purwosari yang saat ini merupakan rute KA Batara Kresna, dan Wonogiri-Klaten-Solo Balapan-Bandara Adi Sumarmo. Untuk rute yang terakhir ini merupakan rencana perpanjangan rute KA BIAS yang Zulfikri sampaikan dalam webinar kali ini.

Rencana operasi KA BIAS dengan rute perpanjangan
Rencana operasi KA BIAS dengan rute perpanjangan | Sumber: Direktorat Jenderal Perkeretaapian

Dalam diagram ini, tampak rencana KA BIAS dari Wonogiri tidak melayani stasiun-stasiun antara yang biasanya melayani KA Batara Kresna. Dari Wonogiri, KA ini langsung menuju Stasiun Purwosari dan Klaten.

Selain perpanjangan rute KA BIAS, pengembangan rencana integrasi KA pendukung untuk KRL Yogyakarta-Solo juga ada pada KA Bandara YIA dan rencana KA Borobudur. Meski demikian, belum ada kabar kapan perpanjangan rute ini akan beroperasi.

Rencana pengembangan KA aglomerasi Jawa Tengah dan Yogyakarta
Rencana pengembangan KA aglomerasi Jawa Tengah dan Yogyakarta | Sumber: Direktorat Jenderal Perkeretaapian

Bagi pembaca yang ingin menonton webinar lengkapnya dapat membuka video YouTube di bawah ini, atau mengakses tautan berikut. (RED/IHF)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×