KAI Ungkap Penyerahan KA Lokal Bandung dan Surabaya ke KAI Commuter

lokal bandung surabaya
Lokomotif CC2017723 saat selesai menghela KA Lokal Cibatu dari Stasiun Bandung ke Stasiun Purwakarta, menggantikan lokomotif CC2017721 di Stasiun Bandung, 26 Januari 2022. KA dengan nomor 441 pemberangkatan Stasiun Cibatu ini setibanya di Purwakarta berganti nomor menjadi 391 dan melanjutkan perjalanan ke Stasiun Cikarang. | Foto: RED/Muhammad Pascal Fajrin

REDigest.web.id, 5/3 – KAI akan kembali menyerahkan pengelolaan KA komuter dan lokal ke anak perusahaannya, KAI Commuter. Kali ini, KAI akan menyerahkan pengelolaan KA komuter dan lokal di wilayah Bandung Raya dan Surabaya Raya.

Hal ini terungkap dalam webinar bertajuk “1 Tahun KRL Yogyakarta-Solo” yang diselenggarakan oleh Solopos dan KAI Commuter. Dalam webinar tersebut, Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo dan Pelaksana Tugas Direktur Utama KAI Commuter Roppiq Lutzfi Azhar hadir sebagai pembicara.

lokal bandung surabaya
Pengalihan operasional KA lokal di Bandung dan Surabaya ke KAI Commuter memiliki rencana jangka panjang elektrifikasi | Paparan KAI dalam webinar “1 Tahun KRL Yogyakarta-Solo”

“Dalam waktu dekat, kereta-kereta lokal yang beroperasi di Daop 2 Bandung dan Daop 8 Surabaya itu akan kita serahkan pengoperasian ke Pak Roppiq ya, KCI.” kata Didiek dalam webinar tersebut. Didiek juga mengungkapkan bahwa ke depannya KAI Commuter akan mengelola seluruh KA komuter dan lokal yang beroperasi di Indonesia.

KA Lokal Bandung Raya

Lokomotif CC2017723 menghela KA Lokal Bandung Raya
Lokomotif CC2017723 menghela KA Lokal Bandung Raya di bilangan Rancaekek, 2019 | Foto: RED/Muhammad Pascal Fajrin

Selama ini, KAI menjadi pengelola KA lokal dan komuter di Bandung Raya dan Surabaya Raya. Di Bandung Raya, terdapat di antaranya KA Lokal Bandung Raya dengan berbagai relasi seperti Kiaracondong-Cicalengka, Kiaracondong-Padalarang (PP), Padalarang-Cicalengka (PP), Cibatu-Padalarang, dan Cicalengka-Purwakarta. Selain itu, terdapat pula KA Lokal Cibatu relasi Cibatu-Purwakarta (PP). Keseluruhannya menggunakan rangkaian kereta ekonomi yang ditarik dengan lokomotif.

Di lain pihak, KA Walahar dan Jatiluhur menggunakan rangkaian milik Depo Bandung. Kedua KA ini menggunakan rangkaian yang sama dengan KA-KA lokal di Bandung Raya. Bahkan, terdapat satu perjalanan langsung Cikarang-Cibatu dan satu perjalanan langsung Cibatu-Cikarang. KA dengan perjalanan langsung ini berganti nomor di Stasiun Purwakarta. Penumpang yang akan meneruskan perjalanan harus membeli dua tiket untuk serta melakukan boarding lagi di Stasiun Purwakarta.

Surabaya Raya

Lokomotif CC2039510 menghela KA lokal tujuan Surabaya di Stasiun Tarik
Lokomotif CC2039510 menghela KA lokal tujuan Surabaya di Stasiun Tarik | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

Sementara itu, di wilayah Surabaya Raya terdapat KA Penataran dan Dhoho (Surabaya-Malang-Blitar-Kertosono-Surabaya PP), KA Tumapel (Surabaya-Malang PP), KA Lokal Kertosono (Surabaya-Kertosono PP), KA Lokal Bojonegoro (Surabaya-Bojonegoro PP), KA Lokal Cepu (Surabaya-Cepu PP), dan KA Lokal Pasuruan (Surabaya-Pasuruan PP). KA-KA ini menggunakan rangkaian kereta ekonomi yang ditarik dengan lokomotif.

Selain itu, terdapat pula KA komuter yang menggunakan rangkaian KRD berpenggerak sendiri. KA-KA tersebut adalah KRD Sulam (Surabaya-Lamongan PP), KRD Subang (Surabaya-Bangil PP), KRD Susi (Surabaya-Sidoarjo PP), KRD Indro (Sidoarjo-Indro PP), dan KRD Jenggala (Surabaya-Tulangan-Mojokerto PP).

Sebelumnya, KAI Commuter telah menerima pengalihan operasional KA Lokal Merak dan KRD Prameks pada Oktober 2020 lalu. Tak lama berselang, KAI Commuter menjadi operator KRL Lin Yogyakarta mulai Februari 2021. (RED/MPF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Muhammad Pascal Fajrin

A kid from yesterday, today

One thought on “KAI Ungkap Penyerahan KA Lokal Bandung dan Surabaya ke KAI Commuter

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: