Berita KAInternasionalKereta ApiUjicoba

JR East Ujicobakan Sistem ATO Jalur Yamanote pada Siang Hari

KRL seri E235 jalur Yamanote
Ilustrasi KRL seri E235 jalur Yamanote | Foto: Yagi-S via Wikimedia Commons, CC-BY-SA

REDigest.web.id, 4/3 – Setelah pada 2019 lalu East Japan Railway Company (JR East) melakukan uji coba sistem operasi kereta otomatis (ATO-Automatic Train Operation) pada Jalur Yamanote di malam hari, kini JR East melakukan uji coba sistem tersebut pada siang hari.

Melansir dari Mainichi News, uji coba ini berlangsung pada Jumat (25/2) lalu. Rangkaian KRL ini berangkat dari Stasiun Osaki, dan mengelilingi Jalur Yamanote sebanyak dua kali dengan rute searah jarum jam (Osaki-Shibuya-Ikebukuro-Ueno-Tokyo-Shinagawa-Osaki).

Dalam uji coba tersebut, masinis tetap berada di kabin untuk mengantisipasi hal-hal yang tak terduga, dan memastikan operasi rangkaian KRL berlangsung baik. Uji coba ini meliputi tes terhadap performa akselerasi, deselerasi, dan perhentian di setiap stasiun di sela-sela KRL reguler. Rangkaian KRL ini sendiri berstatus uji coba dengan tidak mengangkut penumpang.

JR East sendiri menargetkan adopsi sistem ATO untuk mengantisipasi kekurangan masinis akibat penurunan populasi. Uji coba ATO di jalur Yamanote sendiri sudah menjadi kali keempat, dengan tiga tes sebelumnya pada malam hari.

Selain Jalur Yamanote, Jalur Joban juga telah menjalani uji coba sistem ATO. Sistem ATO di Jalur Joban sendiri sudah beroperasi sejak 13 Maret 2021 lalu. (RED/IHF)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×