KA Jaka Tingkir dan Tawang Jaya Kembali Beroperasi Selama Angkutan Lebaran

KA Jaka Tingkir
KA Jaka Tingkir dengan rangkaian kereta ekonomi premium stainless steel | Foto: TyewongX, Wikimedia Commons, CC-BY-SA

REDigest.web.id, 30/4 – Dalam musim mudik pertama kali setelah sempat hiatus dua tahun, KAI mengoperasikan sejumlah KA tambahan. Di antara beberapa KA tambahan ini, ada layanan yang hadir kembali, seperti misalnya Argo Cheribon kelas bisnis-eksekutif layaknya Cirebon Ekspres dulu. Tidak hanya itu, juga ada dua nama KA legendaris yang sudah lama tertidur kini bangkit kembali.

Kedua KA tersebut adalah KA Jaka Tingkir dan Tawang Jaya, KA yang sesungguhnya masih eksis di Grafik Perjalanan KA 2021 (GAPEKA 2021), namun tidak beroperasi sejak pertama kali berlakunya GAPEKA ini. Kedua KA ini beroperasi secara terbatas melayani pengguna selama musim angkutan lebaran.

KA Jaka Tingkir

KA Jaka Tingkir merupakan KA kelas ekonomi yang melayani relasi Purwosari-Pasar Senen. Dahulu, KA Jaka Tingkir menggunakan rangkaian yang sama dengan KA Majapahit, yakni kereta ekonomi 80 tempat duduk buatan tahun 2012 dan 2014. Namun pada kesempatan kali ini, KA Jaka Tingkir mendapat upgrade sarana.

Ya, karena KA ini menggunakan kereta kelas ekonomi premium stainless steel yang merupakan hasil asistensi dari sejumlah depo kereta. KA Jaka Tingkir telah beroperasi dari Minggu (24/4) kemarin untuk arah Jakarta, dan Senin (25/4) untuk arah Purwosari. KA Jaka Tingkir melayani kelas ekonomi premium dengan harga tiket sebesar Rp270.000 hingga Rp300.000 untuk relasi penuh.

Jadwal pemberangkatan KA Jaka Tingkir dari Stasiun Purwosari pukul 23.45 dan tiba di Stasiun Pasar Senen pukul 08.47. KA Jaka Tingkir kembali berangkat dari Pasar Senen pukul 12.50 dan akan tiba di Purwosari pukul 21.48.

KA Tawang Jaya

KA Tawang Jaya dengan pola operasional baru yakni rangkaian pendek | Foto: TyewongX, WIkimedia Commons, CC-BY-SA

KA Tawang Jaya merupakan KA kelas ekonomi yang melayani relasi Semarang Poncol-Pasar Senen pp. Dahulu, KA Tawang Jaya menggunakan rangkaian kereta kelas ekonomi 106 tempat duduk dengan panjang 16 kereta. Akan tetapi, sejak Oktober 2021 alokasi kereta ekonomi milik KA ini berpindah menjadi milik KA Airlangga.

KA Tawang Jaya kembali beroperasi melayani penggunanya selama musim mudik lebaran dengan menggunakan kereta kelas ekonomi 106 tempat duduk hasil asistensi. KA ini telah beroperasi dari Senin (25/4) dari arah Semarang Poncol dan Pasar Senen. KA Tawang Jaya melayani kelas ekonomi dengan harga tiket sebesar Rp200.000.

Jadwal KA Tawang Jaya berangkat dari Stasiun Semarang Poncol pukul 10.15 dan akan tiba di Stasiun Pasar Senen pukul 17.16. KA Tawang Jaya kembali berangkat dari Pasar Senen pukul 21.40 dan tiba di Stasiun Semarang Poncol pukul 04.32.

KA Tawang Jaya Premium menyusul KA kontainer di Stasiun Jatinegara | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

Selain itu, juga terdapat KA Menoreh dan Tawang Jaya Premium yang beroperasi kembali selama angkutan lebaran. Meski demikian, kedua KA ini sudah sempat beroperasi sewaktu-waktu sebelumnya, sehingga Tim REDaksi tidak membuat ulasan khusus. Untuk ketersediaan tiket kedua KA ini, pembaca dapat mengecek aplikasi seperti KAI Access, situs KAI, dan aplikasi pemesanan tiket lainnya. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: