Minggu Kedua Beroperasi Kembali, Okupansi KA di Garut Tampak Ramai

Kereta api garut
Rangkaian KA Lokal Garut Cibatuan dan KA Cikuray di Stasiun Garut | Foto: RED/Saddam Hasan Fauzan

REDigest.web.id, 12/4 – Tak terasa sudah dua pekan jalur KA Cibatu-Garut beroperasi kembali sejak buka pada 25 Maret lalu. Dalam periode ini, sudah ada dua kereta api yang melayani jalur ini. Kedua KA tersebut adalah Lokal Garut Cibatuan yang melayani relasi Garut-Purwakarta/Padalarang, dan Cikuray yang melayani rute Garut-Pasar Senen.

Melansir dari situs resmi KAI, okupansi dari kedua KA tersebut tampak cukup ramai. Menurut data KAI, dalam periode dua pekan ini KA Cikuray memiliki rata-rata okupansi sebanyak 705 pengguna per hari. Sedangkan puncak okupansinya terdapat pada 27 Maret silam dengan 1.144 pengguna, dengan rata-rata okupansi 63%.

Sementara KA Lokal Garut Cibatuan mencetak rata-rata okupansi yang lebih tinggi lagi. Dalam periode dua pekan ini KA Lokal Garut Cibatuan memiliki rata-rata okupansi 5.089 pengguna per hari. Sedangkan puncak okupansinya juga terdapat pada 27 Maret silam dengan 6.317 pengguna, dengan rata-rata okupansi mencapai 171%.

Tingginya angka okupansi ini tercapai karena adanya pengguna yang dinamis, alias turun dan naik di stasiun-stasiun antara. Seperti misal KA Cikuray yang terdiri dari 7 kereta kelas ekonomi 80 tempat duduk, dengan kapasitas 560 pengguna. Dengan okupansi rata-rata 705 orang, berarti ada pengguna yang secara dinamis turun di stasiun antara.

VP Public Relations KAI Joni Martinus pun mengapresiasi antusiasme masyarakat Garut atas beroperasi kembalinya kereta api. dan berharap kehadiran kembali jalur KA ini dapat meningkatkan ekonomi dan pariwisata Garut. Ia juga mengingatkan warga agar selalu berhati-hati di perlintasan dan tidak beraktivitas di rel kereta. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: