KAI Commuter Sesuaikan Kembali Jadwal KRL Jabodetabek, Berikut Jadwalnya

KRL Lin Cikarang memasuki Stasiun Matraman | Foto: RED/Gilang Fadhli

REDigest.web.id, 27/6 – Mulai Sabtu (25/6) lalu, Commuter kembali melakukan penyesuaian jadwal KRL Commuter Line di Jabodetabek untuk Lin Bogor dan Cikarang. Penyesuaian ini khususnya berlaku untuk perjalanan di akhir pekan (Sabtu-Minggu) ataupun hari libur.

Lin Bogor

Ilustrasi KRL Lin Bogor | Foto: Deni Andriansyah

KRL Lin Bogor mengalami banyak penyesuaian sejak Sabtu kemarin. Setelah sebelumnya tidak ada pembatalan Sabtu-Minggu dan libur, kini ada sejumlah perjalanan KRL Lin Bogor yang mengalami batal pada hari tersebut. Berikut adalah jadwal KRL yang mengalami pembatalan di hari Sabtu-Minggu dan libur:

Jadwal KRL yang batal di hari Sabtu-Minggu/Libur mulai Sabtu (25/6) | Sumber: KAI Commuter, infografis oleh Litbang RED

Beberapa perjalanan KRL krusial juga mengalami pembatalan dan perubahan. Berikut adalah jadwal yang mengalami pembatalan dan perubahan:

Jadwal KRL yang tidak lagi beroperasi mulai Sabtu (25/6) | Sumber: KAI Commuter, infografis oleh Litbang RED

Beberapa KA yang mengalami pembatalan dan perubahan adalah jadwal yang krusial. KA 4451 misalnya, KRL yang sebelumnya menjadi Bogor-Jakarta Kota terakhir mengalami pembatalan. Jadwal Bogor-Jakarta Kota pun bergeser ke KA 4465 yang sebelumnya berjalan hanya Bogor-Depok menjadi Bogor-Jakarta Kota. Selain itu juga ada KA 4455, KRL Bogor-Manggarai terakhir mengalami pembatalan perjalanan mulai Sabtu. Sebagai gantinya, pengguna dapat menggunakan KA 4465A tujuan Jakarta Kota.

Jadwal KRL Lin Bogor
Jadwal KRL Bogor-Depok dan Bogor-Jakarta Kota terakhir (atas), dan Manggarai-Bogor (bawah) mulai Sabtu (25/6) | Sumber: KAI Commuter, infografis oleh Litbang RED

Selain itu, dua KRL pemberangkatan Manggarai tujuan Jakarta Kota di sore hari, KA 4289A dan 4293A tidak lagi beroperasi. Sebagai gantinya, ada dua KRL pemberangkatan Manggarai tujuan Bogor pada sore hari. KRL ini adalah KA 4294A dengan jadwal pukul 16.53, dan KA 4320A dengan jadwal pukul 18.04 dari Stasiun Manggarai.

Untuk KRL Lin Bogor dengan tujuan Nambo, tidak ada perubahan pola operasi. Pola operasi dari 28 Mei tetap berlaku.

Lin Cikarang

KRL Lin Cikarang
Ilustrasi KRL yang melayani Lin Cikarang | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

Sementara KRL Lin Bogor mengalami perubahan berupa penyusutan jumlah perjalanan dan perubahan perjalanan, Lin Cikarang mengalami penambahan perjalanan.

KRL feeder Lin Cikarang mengalami perubahan pola operasi yang cukup signifikan. Terdapat feeder yang beroperasi hanya hari kerja, dan ada juga feeder yang beroperasi hanya hari libur. Berikut adalah jadwal lengkap feeder Lin Cikarang:

Jadwal KRL feeder Lin Cikarang mulai Sabtu (25/6) | Sumber: KAI Commuter, infografis oleh Litbang RED

Selain itu, sejumlah jadwal perjalanan KRL yang sebelumnya batal atau tidak berjalan relasi penuh akhirnya berjalan kembali. Berikut jadwalnya:

Jadwal KRL tambahan untuk Lin Cikarang mulai Sabtu (25/6) | Sumber: KAI Commuter, infografis oleh Litbang RED

Dengan ini, beberapa KRL yang sebelumnya memiliki kekosongan sangat jauh menjadi sedikit lebih rapat. Meski demikian, beberapa jadwal yang dapat mengisi kekosongan sangat jauh masih belum berjalan. Di antaranya adalah KA 6029-6030 relasi Cikarang-Pasar Senen-Kampung Bandan-Angke-Manggarai-Bekasi via Pasar Senen, dan KA 6041-6042 relasi Bekasi- Pasar Senen-Kampung Bandan-Angke-Manggarai-Cikarang.

Akibatnya, masih ada headway yang sangat jauh karena kedua KA ini belum beroperasi. Manggarai-Cikarang di siang hari misalnya, karena tidak ada KA 6042, masih memiliki jarak 1,5 jam dari 13.01 (KA 6038) ke 14.31 (KA 5118; dahulu batal sehingga jaraknya sampai 15.43 dengan KA 6054(!)). Ataupun Cikarang-Pasar Senen dan di lintas lingkar timur (Pondok Jati-Kampung Bandan), karena tidak ada KA 6029 jaraknya menjadi 50 menit dari 09.27 di Cikarang dan 10.18 di Pondok Jati (KA 6027) ke 10.17 di Cikarang dan 11.07 di Pondok Jati (KA 6031).

Jadwal ini akurat saat artikel terbit. Untuk jadwal terbaru, pembaca dapat mengunduh aplikasi KRL Access, ataupun mengunduh jadwal di situs resmi KAI Commuter(RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: