Berita KAInternasionalKereta Api

DSB Jual KRD IC4 Miliknya ke Pembeli Luar Negeri yang Masih Dirahasiakan

DSB IC4
KRD IC4 di Stasiun Kopenhagen, 2009 | Foto: Hugh Llewelyn/Wikimedia Commons (CC-BY-SA)

REDigest.web.id, 28/6 – Danish State Railways (Danske Statsbaner, DSB) akan menjual KRD IC4 miliknya. Kabar ini awalnya tersiar lewat media lokal Denmark, Ingeniøren yang kemudian diikuti oleh media perkeretaapian internasional Railcolornews.

Ingeniøren mengklaim bahwa DSB tidak hanya akan menjual 11 unit KRD IC4 yang sudah masuk pasar kereta bukan baru sejak 2020. Namun DSB akan menjual seluruh 74 unit KRD IC4 yang masih beroperasi di jaringan miliknya. Media tersebut mengabarkan bahwa pengiriman KRD tersebut ke calon pembeli akan berlangsung secara bertahap dengan tahap pertama sebanyak 14 unit.

Namun, baik Ingeniøren maupun Railcolornews tidak menyebutkan perusahaan perkeretaapian yang akan membeli KRD-KRD ini. Ingeniøren hanya menyebutkan bahwa DSB akan menjual KRD-KRD tersebut ke salah satu perusahaan di luar Denmark.

KRD IC4 nantinya akan tergantikan oleh KRL Coradia Stream mulai pertengahan 2025 mendatang. KRD IC4 terkenal dengan kontroversi akibat keterlambatan pengiriman dari AnsaldoBreda (kini Hitachi Rail Italy) dan masalah reliabilitas.

Seharusnya, KRD ini seharusnya beroperasi mulai 2003. Namun, KRD IC4 baru beroperasi mulai 2007 dengan pembuatan mulai 2005. Padahal, DSB dan AnsaldoBreda telah menandatangani pemesanan KRD IC4 pada tahun 2000. Selain itu, KRD ini juga menghantui DSB dengan segudang masalah teknis. (RED/MPF)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×