Yuk Kita Berkeliling Melihat Fasilitas di Stasiun Matraman!

Stasiun Matraman
Tampak depan Stasiun Matraman | Foto: Lucius Juan Halim

REDigest.web.id, 21/6 – Sudah hampir satu minggu lamanya Stasiun Matraman beroperasi setelah sebelumnya sempat tertunda dari rencana awal Kamis (16/6) menjadi Jumat (17/6). Meski demikian, mungkin saja ada rekan pembaca yang masih penasaran bagaimana isi dari stasiun terbaru KRL Commuter Line ini.

Bagi pembaca yang masih penasaran, tidak usah penasaran lagi, karena Tim REDaksi akan memberi ulasannya bagi para pembaca semua. Berikut fasilitas-fasilitas yang berada di Stasiun Matraman.

Lokasi

Stasiun Matraman berada di antara Stasiun Manggarai dan Jatinegara di Lin Cikarang. Untuk lokasinya sendiri, stasiun ini berada di Jalan Matraman Raya, Jakarta Timur.

Lokasi dari stasiun ini sesungguhnya dekat dengan Halte TransJakarta Kebon Pala. Akan tetapi, untuk saat ini halte tersebut masih menjalani renovasi. Layanan TransJakarta yang normalnya berhenti di sini di antaranya adalah Koridor 5 (Ancol-Kampung Melayu), Rute 5C (PGC-Harmoni), dan Rute 5D (PGC-Ancol).

Sebuah bus TransJakarta melintasi lokasi Halte Kebon Pala yang sedang menjalani revitalisasi | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

Lantai Dasar

Tangga manual Matraman
Tangga manual menghadap timur di Stasiun Matraman| Foto: Lucius Juan Halim

Pembaca dapat mengakses lantai dasar Stasiun Matraman dari pintu masuk yang berada di sisi selatan. Pembaca pertama kali akan menemukan loket yang berada di sisi timur luar stasiun. Untuk menuju pintu masuk, pembaca dapat berjalan sedikit ke arah barat. Di pintu masuk, pembaca akan pertama kali menemui sejumlah gate untuk tap in.

Tangga manual Matraman barat
Tangga manual menghadap barat di Stasiun Matraman | Foto: Lucius Juan Halim

Begitu masuk, eskalator untuk naik ke lantai dua berada di sebelah kanan pembaca. Sedang tangga manual berada di sebelah kiri pembaca, dengan total dua buah anak tangga yang berada saling berlawanan. Menariknya, eskalator di stasiun ini tidak didesain mencapai lantai dasar, melainkan harus dicapai dengan tangga.

Eskalator di Stasiun Matraman | Foto: Lucius Juan Halim

Untuk pengguna difabel atau berkebutuhan khusus lainnya, tersedia lift di sisi barat stasiun. Tersedia juga tactile path yang akan memandu pengguna tunanetra dari/menuju lift dan gate masuk ataupun keluar.

Fasilitas toilet, musala, dan lift di sisi barat Stasiun Matraman | Foto: Lucius Juan Halim

Fasilitas seperti toilet dan musala berada di sebelah barat stasiun, letaknya ada di dekat lift. Sedangkan di sisi timur tersedia fasilitas ruang laktasi. Pintu keluar Stasiun Matraman sendiri juga berada di sebelah timur, dengan pintu sebelah barat khusus untuk tap in saja.

Ruang menyusui dan gate keluar di Stasiun Matraman | Foto: Lucius Juan Halim

Meski merupakan stasiun layang, stasiun ini hanya memiliki dua lantai. Selain Matraman, terdapat Stasiun Jayakarta di Lin Bogor yang juga hanya memiliki dua lantai. Stasiun-stasiun layan KRL Commuter Line lainnya memiliki tiga lantai.

Denah stasiun, jadwal, dan peta rute di Matraman | Foto: Lucius Juan Halim

Lantai dua

Peron Matraman
Peron di Stasiun Matraman | Foto: Lucius Juan Halim

Di lantai dua, pembaca langsung menemukan pemandangan peron pulau yang berada di antara dua jalur kereta. Jalur 1 merupakan peron yang melayani KRL Lin Cikarang dengan tujuan Manggarai, Sudirman, Tanah Abang, Angke hingga Kampung Bandan. Sedang jalur 2 melayani KRL Lin Cikarang dengan tujuan Jatinegara, Cakung, Bekasi, hingga Cikarang.

Bancik di ujung Stasiun Matraman untuk mengakomodasi KRL SF12 | Foto: Lucius Juan Halim

Tidak banyak fasilitas yang tersedia di peron. Hanya ada sejumlah bangku sebagai fasilitas untuk duduk sembari menunggu KRL Commuter Line datang, dan tempat sampah. Fasilitas display penunjuk estimasi jam kedatangan kereta berada di bagian tengah antara tangga manual dan eskalator. Selain itu, juga tersedia loudspeaker untuk informasi pengumuman, meski saat Tim REDaksi berada di stasiun ini pada hari kedua dan ketiga operasional, suara dari loudspeaker ini tampak kurang keras.

Eskalator di Stasiun Matraman, tampak dari sisi peron | Foto: Lucius Juan Halim

Berbicara pemandangan, dari sisi barat pembaca akan menemukan pemandangan dramatis pencakar langit di Jakarta. Sedangkan di sisi timur, pembaca akan menemukan pemandangan tikungan menuju Stasiun Jatinegara. Para pecinta kereta api pun umumnya berkumpul di sisi barat untuk memotret kereta api.

Rangkaian KRL Commuter Line Lin Cikarang dan KA Argo Cheribon berpapasan di sisi barat Stasiun Matraman | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

Demikian adalah selayang pandang tur Stasiun Matraman. Untuk panduan berburu, Tim REDaksi akan mengulas di tulisan selanjutnya. Stay tuned! (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: