Kini Wilayah Gerbangkertosusila Bertambah Satu Layanan Bus Rapid Transit

BRT Trans Jatim
Ilustrasi tampilan konsep bus BRTBRT Tr Jatim | foto: @transjatim01

REDigest.web.id, 9/8 – Perkembangan bus komuter berbasis Bus Rapid Transit (BRT) di kawasan perkotaan tiap daerah semakin berkembang. Setelah BRT Trans Jateng yang mengoperasikan beberapa koridor di Jawa Tengah seperti Semarang, Purwokerto, Purworejo dan Solo, kini Jawa Timur juga hadir dengan branding BRT Trans Jatim.

Mengutip dari laman E100, Pemerintah Provinsi Jawa Timur telah mempersiapkan layanan BRT Trans Jatim. Rute yang pertama rilis adalah koridor 1 relasi Sidoarjo-Surabaya-Gresik PP. Rute BRT Trans Jatim ini mengawali dan mengakhiri perjalanan di Terminal Bunder di Gresik dan Terminal Porong di Sidoarjo.

Pada kesiapan armadanya terdiri dari 22 unit bus, di mana 20 unit dijalankan secara reguler dan 2 unit berfungsi sebagai bus cadangan. Jam operasional BRT Trans Jatim mulai dari pukul 05.00-21.00 dengan jarak antar bus setiap 15 menit pada pagi dan sore hari serta setiap 30 menit pada siang hari. Untuk harga tiket BRT Trans Jatim adalah sebesar Rp5.000 untuk penumpang umum dan Rp2.500 untuk penumpang pelajar.

Untuk busnya sendiri menggunakan bodi buatan karoseri Piala Mas medium bus spesifikasi BRT high floor. Bus ini memiliki kapasitas total 40 penumpang yang terdiri dari 20 penumpang duduk dan 20 penumpang berdiri.

Bus dengan akronim Raden Wijaya yang kepanjangan dari Ramah, Aman, Dinamis, Ekonomis dan Nyaman – Wujud Inovasi JAtim berkarYA ini mulai beroperasi pada Jumat (19/8) mendatang. Rencananya selain rute Sidoarjo-Gresik BRT Trans Jatim akan menambah rute lainnya, termasuk rute di kota lain seperti Madiun. (RED/EPP)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: