Lama Tak Tampak, Lokomotif ESS3201 “Bonbon” Kembali Melintas!

KLB Bonbon di Jatinegara
Proses langsiran KLB lokomotif Bonbon dan rangkaian Djoko Kendil bersanding dengan KRL Commuter Line rangkaian 6101F di Jatinegara | Foto: RED/Adnan Jarkasih

REDigest.web.id, 15/8 – Momen tak terduga menghampiri para pecinta kereta api di wilayah Jabodetabek pada siang ini. Pasalnya, lokomotif listrik legendaris ESS3201 yang lebih terkenal sebagai Bonbon akhirnya keluar dari kandangnya bersama dengan rangkaian Djoko Kendil. Sebelumnya, rangkaian Djoko Kendil ini sendiri telah menjalani uji coba pada Kamis (11/8) lalu.

Dari pengamatan rekan-rekan Tim REDaksi, lokomotif ini mulai berjalan keluar dari dalam Balai Yasa Manggarai sekitar pukul 09.40 tadi pagi bersama dengan rangkaian kereta Djoko Kendil yang terdiri dari kereta bernomor IW 38221 dan IW 38212. Rangkaian ini kemudian melakukan langsir mundur menuju jalur badug untuk kemudian masuk ke jalur 2 Stasiun Manggarai. Dari sini, rangkaian pun berangkat ke Stasiun Jatinegara melewati Stasiun Matraman.

Rangkaian KLB lokomotif Bonbon masuk jalur 4 Stasiun Jatinegara | Foto: RED/Adrian Falah Diratama

Sekitar pukul 10.20, rangkaian lokomotif Bonbon dan kereta Djoko Kendil ini tiba di Stasiun Jatinegara. Sontak para pecinta kereta api ini tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk memotret proses langsiran lokomotif ini di Stasiun Jatinegara. Tidak hanya itu, di berbagai kesempatan juga tampak banyak momen lokomotif ini bersanding dengan lokomotif dan KRL modern.

Proses langsir lokomotif Bonbon | Foto: RED/Adrian Falah Diratama

Setelah proses langsir yang cukup lama, pada pukul 11.15, lokomotif ini pun berangkat dari Stasiun Jatinegara untuk menuju Stasiun Jakarta Kota. Sekitar pukul 11.40, lokomotif ini pun tiba di Stasiun Jakarta Kota, untuk kemudian kembali berjalan menuju Stasiun Tanjung Priok. Dalam proses langsiran ini, sebuah lokomotif menarik rangkaian Djoko Kendil terlebih dahulu, baru kemudian lokomotif Bonbon ini ikut langsir untuk kembali menggandeng rangkaian.

Lokomotif Bonbon di Stasiun Tanjung Priok | Foto: Bilal Zaelani

Saat berita ini terbit, lokomotif ini masih berada di lintas dalam rangka uji dinamis. Belum ada informasi untuk apa uji dinamis ini, tetapi sejak pertengahan Juli lalu, telah bergaung usulan KLB perjuangan. Dalam kiriman Twitter oleh Ricki_Dirjo_31 ini, tampak usulan untuk KLB perjuangan ini pada tanggal 17 Agustus mendatang. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

One thought on “Lama Tak Tampak, Lokomotif ESS3201 “Bonbon” Kembali Melintas!

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: