Bocor di Medsos! Ini Penampakan Kereta Panoramic Milik KAI

kereta panoramic
Kereta Panoramic | Tangkapan layar video Tiktok @anantoleo

REDigest.web.id, 12/8 – Beberapa foto dan video dari kereta spesial terbaru milik PT Kereta Api Indonesia (KAI, Persero) bocor ke media sosial. Kereta spesial terbaru KAI tersebut adalah dua unit kereta dengan nama Panoramic. Saat foto dan video kereta Panoramic bocor, kedua kereta ini masih berada di wilayah Balai Yasa Surabaya Gubeng.

Kereta Panoramic merupakan kereta sightseeing atau kereta untuk melihat pemandangan. Kereta ini memiliki jendela penumpang yang berukuran besar hingga lekukan atap. Selain jendela penumpang besar, kereta Panoramic juga memiliki jendela menghadap langit.

Kereta Panoramic KAI ini merupakan modifikasi dari dua unit kereta eksekutif yang dulu pernah beroperasi pada KA Gajayana sebelum tahun 2009. Unit pertama adalah K1 0 99 16, yang setelah selesai beroperasi pada KA Gajayana sempat beroperasi pada KA Sawunggalih di bawah asuhan Depo Kutoarjo.

Sementara itu, unit kedua adalah K1 0 01 11. Kedua kereta ini beserta beberapa kereta eksekutif produksi 1999 dan 2001 buatan PT Industri Kereta Api (INKA, Persero) lainnya tergantikan oleh kereta eksekutif baru di tahun 2009. Kereta eksekutif produksi 2009 merupakan kereta dengan jendela seperti pesawat yang juga merupakan produksi INKA.

Foto dan video dari kereta Panoramic ini bocor di media sosial seperti Facebook dan Tiktok. Akun Tiktok @anantoleo mengunggah beberapa foto kereta Panoramic beserta video interiornya. Dalam kiriman Tiktok tersebut, nampak kereta Panoramic menggunakan kursi seperti pada kereta eksekutif produksi 2018.

@anantoleo Keren Guys##panoramic #railfansindonesia #fyp #fypシ #keretaapikita #keretaapiindonesia #ayonaikkereta ♬ Dj Close Your Eye X Bangun Tidur Selfi X Go Sampe Bawah – Dj Kunam

Sementara itu, akun Tiktok @masen_nyepur mengunggah video yang menampilkan kecanggihan kereta Panoramic ini. Pada kaca-kaca panorama yang berada di atap kereta, terdapat tirai yang dapat membuka dan menutup secara otomatis dengan pengendali elektronik.

@masen_nyepur PANORAMIC TRAIN – #fyp #fypシ #balaiyasa #indonesianrailways #panoramic #keretaistimewa #inspeksi #keretaapiindonesia ♬ Sports Music – Saltonbria

Hingga tulisan ini terbit, belum ada informasi mengenai uji coba maupun operasional kereta spesial berwarna hijau ini. (RED/MPF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Muhammad Pascal Fajrin

A kid from yesterday, today

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: