Trans Jogja Layanan Teman Bus Akan Mengubah Salah Satu Rute Koridornya

Trans Jogja teman bus
Trans Jogja layanan Teman Bus koridor 3J dari dan ke Pakem di bandara Adisutjipto | Foto: RED/Enrico Perdana Putra

REDigest.web.id, 16/8 – Trans Jogja layanan Teman Bus sistem buy the service memiliki 3 koridor di Yogyakarta, di antaranya koridor 1J rute Pakem-Condongcatur, koridor 2J rute Godean-Ngabean, dan koridor 3J rute Pakem-Adisutjipto. Dari semua Koridor tersebut, koridor 3J akan berubah dan berpindah dari rute yang ada saat ini.

Mengutip dari Harian Jogja, Trans Jogja rute Pakem-Adisutjipto di daerah Sleman akan mengalami pengalihan ke rute Palbapang-Ngabean di daerah Bantul dikarenakan sepinya penumpang yang menaiki bus di rute tersebut.

Menurut direktur Utama PT Jogja Tugu Trans (JTT) Agus Adrianto, jumlah penumpang Trans Jogja layanan Teman Bus rute Pakem-Adisutjipto belum maksimal dengan keterisian penumpang hanya 25% atau di bawahnya. Salah satu penyebabnya karena kebiasaan masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi yang tidak bisa dibatasi.

Trans Jogja teman bus
Setengah sisi interior Trans Jogja koridor 3J Pakem-Adisutjipto dan setengah sisi pemandangan sawah di daerah Ngaglik, Sleman. Tampak okupansi Trans Jogja di rute ini yang sepi penumpang | Foto: RED/Enrico Perdana Putra

Lanjutnya, rute Trans Jogja yang sepi tersebut akan berpindah ke rute Palbapang-Ngabean sambil menunggu realisasi dari Dinas Perhubungan Daerah Istimewa Yogyakarta. Pemindahan rute tersebut juga merupakan salah satu rencana ke depan untuk Trans Jogja layanan Teman Bus bisa semakin dekat dengan Yogyakarta International Airport (YIA) ataupun tempat wisata pantai di selatan Yogyakarta.

Selain itu, menurut Kepala Dinas Perhubungan DIY Ni Made Dwipanti Indrayanti pemindahan rute Trans Jogja layanan Teman Bus ke wilayah Bantul tersebut dilakukan kajian dan studi kelayakan terlebih dahulu. Salah satunya potensi pengguna yang melanjutkan perjalanan ke Kulonprogo maupun pelajar yang bersekolah. (RED/EPP)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

One thought on “Trans Jogja Layanan Teman Bus Akan Mengubah Salah Satu Rute Koridornya

  • Jumat, 19 Agustus 2022 pada GMT+0700 08:05
    Permalink

    Dear pemerintah, jika bisa jangan dialihkan pak. Kami sebagai orangtua merasa terbantu dengan adanya teman jogya di rute tersebut. Karena anak2 kami juga menggunakan transportasi ini.. maturnuwun sebelumnya

    Balas

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: