Kereta Wisata Djoko Kendil Jalani Uji Coba Lagi di Jakarta

djoko kendil uji jakarta
Lokomotif CC2017806 dengan bendera yang berkibar menghela kereta wisata Djoko Kendil dalam uji coba, Kamis (11/8) | Foto: RED/Muhammad Pascal Fajrin

REDigest.web.id, 12/8 – Kereta wisata antik Djoko Kendil kembali menjalani uji coba di jalur utama. Kali ini, Djoko Kendil menjalani uji coba kecil di wilayah Daop 1 Jakarta dengan rute Manggarai-Tanjung Priok (PP).

Seperti halnya saat uji coba di Surakarta maupun pengiriman dari Surakarta ke Jakarta, Djoko Kendil hanya berjalan dengan kecepatan 45 km/jam. Kecepatan ini sesuai dengan trainmark A pada reglemen yang berlaku di lingkungan PT Kereta Api Indonesia (KAI, Persero).

Lokomotif CC2017806 milik Depo Cipinang bertindak sebagai lokomotif dinas untuk kereta luar biasa (KLB) uji coba ini. Djoko Kendil berangkat dari Manggarai ke Tanjung Priok lewat Jatinegara pada pukul 10 pagi. Kereta wisata antik ini tiba kembali di Manggarai dari Tanjung Priok menjelang pukul 1 siang.

Lokomotif Bonbon ikut uji coba selain Djoko Kendil di Jakarta

Lokomotif ESS 3201 (d/h 3202) menampakkan diri kembali setelah sekian lama | Foto: RED/Farhan Assrow Zhafirin

Tidak hanya Djoko Kendil, namun lokomotif listrik ESS 3201 (d/h 3202) juga terkonfirmasi menjalani uji coba pada hari yang sama. Hanya saja, uji coba lokomotif ESS 3201  yang terkenal dengan julukan Bonbon ini hanya sekedar bergerak maju dan mundur keluar dari Balai Yasa Manggarai hingga jalur buntu langsiran di Kampung Tenggulun.

Hingga saat ini, belum ada informasi mengenai kelanjutan dari uji coba ini. Sebelumnya, lokomotif Bonbon dan kereta wisata Djoko Kendil memang pernah menjadi pasangan untuk acara HUT ke-71 KAI yang terselenggara bersama Indonesian Railway Preservation Society (IRPS) di tahun 2016. Saat itu, lokomotif Bonbon menghela kereta Djoko Kendil dari Balai Yasa Manggarai ke Stasiun Tanjung Priok.

Bahkan, usulan pecinta kereta api untuk mengoperasikan lokomotif CC201 vintage livery, kereta Djoko Kendil, dan lokomotif Bonbon untuk merayakan HUT ke-77 Kemerdekaan RI sudah ramai di media sosial Twitter di bulan Juli lalu. Usulan tersebut berisi permintaan perjalanan kereta luar biasa (KLB) bertema perjuangan dengan rute Jakarta Kota-Tanjung Priok PP. (RED/MPF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Muhammad Pascal Fajrin

A kid from yesterday, today

One thought on “Kereta Wisata Djoko Kendil Jalani Uji Coba Lagi di Jakarta

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: