Berita KABerita Lain-LainEventFakta KAIndonesiaKereta ApiSejarah KA

IRPS Preservasi Gerbong Tangki KR 7

Gerbong tangki KR 7
Gerbong tangki KR 7 yang telah dipreservasi | Foto: Instagram IRPS

REDigest.web.id, 31/8 – IRPS kembali melakukan kegiatan preservasi. Pada kegiatan kali ini, IRPS melalui IPRS Jakarta mem-preservasi gerbong tangki KR 7 yang selama ini berada di Depo KRL Bogor. Proses preservasi bermula pada 16 Agustus 2022 dengan pengamplasan badan gerbong tangki.

Dua hari berselang, gerbong KR 7 mendapat pengecatan permukaan dengan cat dasar atau cat primer berwarna putih. Cat ini bertujuan untuk melindungi badan gerbong dari serangan cuaca. Pengecatan separuh gerbong berlanjut pada hari berikutnya.

pengamplasan permukaan gerbong KR7
Proses pengamplasan permukaan gerbong KR 7 | Foto: Instagram IRPS

Lalu pada 20 Agustus 2022, IRPS mulai melakukan pengecatan tahap kedua dengan pemberian warna sekunder yakni hitam. Pengecatan terkendala angin kencang sehingga membutuhkan kesabaran dalam melakukannya.

Dua hari berikutnya, IRPS berupaya untuk membuatnya otentik dengan pemberian simbol-simbol seperti ketika gerbong KR 7 masih berdinas. Beberapa simbol itu di antaranya seperti tulisan PJKA (Perusahaan Jawatan Kereta Api), TPKG (Tanjung Priok Gudang), KR 7, dan OG-05.

Pembuatan logo pada permukaan gerbong
Pembuatan logo pada permukaan gerbong | Foto: Instagram IRPS

IPRS mengakui mereka masih belum mendapatkan sumber berupa literasi dan foto gerbong ini. Adapun pengerjaan preservasi gerbong KR 7 selesai pada 24 Agustus 2022 atau delapan hari sejak proses pengamplasan pada 16 Agustus 2022. Menurut Asep selaku Kepala Depo KRL Bogor, gerbong ini nantinya dikembalikan ke dalam los perbaikan AC. (RED/AFD)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×