Liputan KAI Expo 2022 Hari Pertama: Sebuah Evaluasi dan Introspeksi

Pintu masuk acara KAI Expo 2022 | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

REDigest.web.id, 18/9 – Setelah dua tahun absen, pameran dan acara tiket promo KAI Expo kembali hadir pada tahun 2022 ini. Dalam kesempatan ini, KAI mengklaim menyediakan sebanyak 77.000 tiket ke berbagai tujuan dengan keberangkatan 19 September hingga 18 Oktober mendatang.

KAI menjual tiket ini dengan harga promo yang miring, yakni Rp150.000 untuk kelas Eksekutif, Rp70.000 untuk kelas Bisnis, dan Rp30.000 untuk kelas Ekonomi. Bahkan pada tanggal 28 September, bertepatan dengan ulang tahun KAI, tersedia tarif promo yang sangat murah. Yakni Rp70.000 untuk kelas Eksekutif, Rp30.000 untuk kelas Bisnis, dan Rp7.000(!) untuk kelas Ekonomi

Tim REDaksi yang ingin mencoba peruntungan pun mencoba meliput acara ini. Sayangnya, pada hari pertama, tampak banyak permasalahan yang harus mendapat evaluasi. Bagaimana keberlangsungan acara dan permasalahan yang ada? Berikut liputannya.

Kepadatan Pengunjung dari Pagi Hari

Antrean pengunjung di JCC pada siang hari. Pada pagi hari saat baru buka, antrean pengunjung benar-benar memenuhi ruangan ini. | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

Salah seorang rekan dari Tim REDaksi telah hadir di lokasi acara pada sekitar pukul 7 pagi. Saat itu antrean tampak sudah memanjang di luar pintu masuk hall JCC. Kala itu, tampak suasana meski ramai masih kondusif. Sekitar pukul 9 pagi, antrean mulai berpindah ke dalam bangunan, sedang antrean di luar mulai ramai.

Pukul 10 pagi, saat hall mulai buka, antrean tampak sudah mengular lebih panjang. Tampak antrean berputar satu kali di bagian dalam gedung, menyusul antrean di luar yang sangat panjang. Suasana yang ramai pun masih tampak kondusif. Sayangnya, begitu menjelang pukul 12 siang, suasana pun mulai panas…

Kekacauan Siang Hari: Kode Pembayaran Hangus, Antrean Ricuh

Suasana mulai ricuh di luar | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

Tanda pertama kekacauan di lokasi tampak ketika ada sejumlah pengunjung yang hangus tiketnya. Hal ini karena batas waktu pembayaran tiket KAI Expo tetap satu jam seperti pemesanan online biasa. Padahal pemrosesan transaksi di tempat menurut laporan rekan-rekan Tim REDaksi berlangsung sangat lama. Akhirnya tidak sedikit orang yang harus gigit jari karena kode pembayarannya telanjur hangus. Lebih apes lagi, menurut laporan di lapangan, mereka harus mengantre ulang!

Di luar keadaan pun tidak kalah ricuh. Saat Tim REDaksi mulai masuk ke tempat acara, antrean di dalam gedung JCC tampak sangat padat. Lebih parahnya, ternyata antrean ini sampai tiga lapis di luar, padahal ada hall kosong yang isi antreannya sedikit. Sekitar pukul 12.30, tampak antrean tiba-tiba bubar, yang ternyata antrean ini berpindah ke hall kosong. Para pengunjung pun berteriak riuh, sedangkan yang mengatur tampak hanya beberapa orang Polsuska yang tidak memiliki pengeras suara, sehingga suara mereka pun kalah.

Di hall kosong ini, celakanya antrean pengunjung yang membeli on the spot dan yang telah membeli secara daring tidak ada pemisahan. Alhasil banyak pengunjung yang protes karena merasa sia-sia membeli tiket secara daring. Barulah sekitar pukul 13.30 antrean tiket pun dipisah dan para pengunjung dengan tiket daring bisa langsung masuk.

Antrean Panjang di Hall

Pengunjung yang mengantre untuk booth Blibli | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

Apakah masalah sudah selesai? Belum! Di hall, sekitar pukul 14.00 tampak antrean sudah sangat panjang. Tim REDaksi mencoba bertanya ke salah satu pengunjung di booth Traveloka. Ia menyampaikan bahwa meski sekarang nomor antrean 130, tetapi baru sampai nomor antrean 45 yang mendapat proses. Tim REDaksi yang awalnya ingin membeli pun akhirnya urung.

Hal ini cukup mengherankan karena booth yang tersedia sebenarnya tidak sedikit. Tercatat booth Blibli, Tiket.com, Indomaret, Alfamart, Traveloka, Dharmawisata Travel, dan Alfamidi melayani pengunjung untuk tiket promo. Sayangnya, akibat lamanya pemrosesan, antrean menjadi sangat panjang dan tentu saja banyak kejadian kode pembayaran hangus.

Antrean untuk booth Indomaret | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

Bahkan di salah satu booth, yaitu Blibli, sempat terjadi penutupan antrean untuk memberi kesempatan pengunjung yang telah memesan tiket terlebih dahulu. Menurut informasi dari media sosial, pada akhirnya batas pembayaran pun berubah menjadi 2 jam. Tim REDaksi yang datang siang pun menyerah pun akhirnya keluar sekitar pukul 15.00

Sore Hari: Beberapa Peluang Injury Time

Kemudian salah satu Tim REDaksi pun tiba di lokasi acara pada sore hari. Tim REDaksi yang datang sore pun akhirnya berhasil mendapatkan tiket sekitar setelah magrib, di mana para booth sudah menjelang menutup antrean. Berdasarkan pemantauan lapangan Tim REDaksi yang tiba pada sore hari, booth Blibli, Alfamidi, dan Tiket.com telah menutup antrean pada pukul 7 malam.

Berikut ulasan Tim REDaksi pada hari pertama acara KAI Expo 2022. Semoga kekacauan seperti hari pertama pada hari kedua, terutama kasus gagal bayar dan bercampurnya antrean tiket daring dan on the spot dapat tercegah hari ini. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: