Berita KAIndonesiaKereta ApiRED Citizen JournalismUjicoba

KAI dan Dirjen Perkeretaapian Uji Coba Jalur Dwiganda Bekasi-Cakung

Lokomotif CC2017706 dan kereta KLB dalam uji coba jalur dwiganda | Foto: Satoshi Takagi

REDigest.web.id, 21/9 – Sekian lama tidak terhubung, akhirnya jalur dwiganda antara Stasiun Bekasi dan Stasiun Cakung berhasil menjalani uji coba. KAI dan Dirjen Perkeretaapian mengujicoba jalur ini dengan menggunakan lokomotif dan tiga kereta kelas ekonomi.

Bertindak sebagai lokomotif dinas KLB uji coba adalah lokomotif CC2017706 milik Depo Sidotopo. Sementara itu rangkaian kereta kelas ekonomi terdiri dari unit-unit cadangan yang stabling di Stasiun Pasar Senen.

Uji coba berlangsung selama pagi hingga menjelang sore hari. Dalam uji coba, rel jalur dwiganda di Stasiun Cakung masih belum tersambung. Hal ini karena ruas Jatinegara-Cakung lebih dahulu aktif sejak beberapa tahun silam.

Ujung jalur dwiganda di Stasiun Cakung yang belum tersambung | Foto: Satoshi Takagi

Sementara itu pada bagian eks stabling KRL Stasiun Bekasi yang sempat mengalami sengketa lahan, jalur dwiganda dapat terbangun pada sisi selatan rel. Hal ini dapat terjadi dengan akuisisi lahan di sebelah selatan rel sehingga Dirjen Perkeretaapian dapat membangun jalur KA dengan sedikit berbelok ke selatan.

Kereta KLB ujicoba jalur dwiganda di lokasi ex stabling KRL Stasiun Bekasi
Kereta KLB uji coba jalur dwiganda Di bawah flyover akses Summarecon Bekasi | Foto: Satoshi Takagi

Selain itu, nampak persinyalan juga sudah berdiri di sepanjang ruas Bekasi-Cakung. Namun, sinyal-sinyal ini masih belum aktif dan terdapat tanda silang di depan lampu-lampu sinyal.

Belum ada informasi mengenai kapan ruas jalur dwiganda Bekasi-Cakung akan aktif. Namun dengan telah berlangsungnya uji coba, maka ruas tersebut tentu sudah selangkah lagi menuju aktif. (RED Citizen/MPSCLFJRN)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


One thought on “KAI dan Dirjen Perkeretaapian Uji Coba Jalur Dwiganda Bekasi-Cakung

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×