Sugeng Rahayu Rilis Armada Baru Dengan Sasis Mercedes-Benz

Bus Sugeng Rahayu Mercedes
Unit terbaru Sugeng Rahayu dengan motif livery dan sasis yang berbeda dengan unit rilisan Sugeng Rahayu terdahulu. | Foto: Kidna Uklam2

REDigest.web.id, 29/9 – Perusahaan otobus asal Krian, Sugeng Rahayu, merupakan PO yang menjalankan bus antarkota dan pariwisata. Unit antarkota sendiri memiliki dua kelas yaitu Ekonomi (AC Tarip Biasa) dan Non Ekonomi (Patas “CEPAT”). Baik unit antarkota Non Ekonomi dan Pariwisata sama-sama menggunakan livery merah kombinasi jingga dengan siluet garis melengkung. Selain itu sasis yang digunakan ialah Hino RK8 R260 atau Hino RN285. Namun pada Selasa malam (27/9) terdapat rilisan unit Sugeng Rahayu yang berbeda dengan rilisan sebelumnya.

Bus Sugeng Rahayu SHD Hino
Ilustrasi: Salah satu livery Sugeng Rahayu terdahulu. | Foto: RED/Enrico Perdana Putra

Sama-sama berwarna merah, unit yang rilis kali ini memiliki motif livery yang berbeda. Bila sebelumnya berupa siluet, kini menjadi pola garis-garis dinamika yang disebut oleh busmania sebagai livery kekinian. Selain bentuk livery, sasis yang disematkan juga berbeda. Bus dengan bodi Jetbus3+ MHD ini menggunakan sasis merk Mercedes-Benz tipe OH 1626 NG bermesin belakang, lengkap dengan suspensi udara.

Sugeng Rahayu Mercedes
Sugeng Rahayu Jetbus3+ MHD dengan sasis Mercedes-Benz OH 1626 NG. | Foto: Aufa Ijlal Alifo

Dua fakta di atas merupakan hal yang baru pada rilisan Sugeng Rahayu kali ini. Selain itu penggunaan sasis merk Mercedes-Benz pada Sugeng Rahayu merupakan sesuatu yang istimewa, karena Sugeng Rahayu terakhir menggunakan sasis Mercedes-Benz pada dekade 80an. Saat itu PO ini masih bernama Sumber Kencono dengan sasis yang digunakan adalah tipe OF 1113 bermesin depan yang dipergunakan sebagai kelas Ekonomi tanpa AC atau bumel.

Bus Sumber Kencono Mercedes
Sumber Kencono (sebelum menjadi Sugeng Rahayu) di tahun 1981 yang menggunakan sasis Mercedes-Benz OF 1113. | Foto: spesial, diolah kembali oleh Imotorium.com

Sekitar pukul 18.00, dua unit Sugeng Rahayu rilis dari Karoseri Adiputro menuju stasiun pengisian bahan bakar umum yang terletak di sebelah Karoseri Adiputro. Lalu kedua bus melanjutkan perjalanan sambil melakukan road test menuju garasi Sugeng Rahayu di Krian, Sidoarjo. Bahkan kedua unit tersebut sempat singgah di terminal Purabaya, Bungurasih sebagai bahan promosi kepada penumpang.

Untuk informasi mengenai unit ini yang nanti akan dijalankan pada rute mana dan menggunakan plat nomor berapa, pembaca dapat memantau melalui Instagram SGLOVERZ atau PT. Selamat Sugeng Rahayu. (RED/EPP)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: