[GALERI] Mari Berkunjung dan Hunting di Stasiun Ketapang (Lampung) Part 1

Kereta Api Batubara Tarahan Isian Memasuki Stasiun Ketapang | Foto : RED/Ahmad Afif Mahdi

REDigest.web.id –  Stasiun Ketapang, mungkin bagi sebagian besar railfans mengetahuinya adalah nama baru untuk Stasiun Banyuwangi Baru ternyata bukan hanya terletak di Jawa Timur namun juga ada di wilayah Lampung yang termasuk dalam wilayah kerja Divisi Regional IV Tanjung Karang. 

Secara singkat, Stasiun Ketapang terletak di Desa Ketapang, Sungkai Selatan, Lampung Utara. Berajarak kurang lebih 25 menit dari Stasiun Kotabumi jika menggunakan kereta api rajabasa atau kuala stabas ke arah utara atau 2 jam 30 menit dari Stasiun Tanjung Karang. Stasiun ini memiliki 4 jalur dengan panjang emplasemen kurang lebih 1 km dengan jalur 2 dan 3 merupakan sepur raya karena lintas Kotabumi – Ketapang – Giham sudah memiliki jalur ganda untuk meningkatkan kapasitas lintas. Semua kereta penumpang yang ada di DIVRE IV berhenti untuk melayani naik dan turun penumpang di stasiun ini.

Saran penulis jika ingin hunting foto dan video di daerah Ketapang untuk datang bersama rekan yang lain dan mengajak railfans lokal yang tinggal di sekitar daerah Ketapang.

KA Batubara Tarahan Kosongan Melintasi Tikungan S sisi selatan KM 118 Petak Jalan Ketapang – Negara Ratu | Foto : Fajar Rahmat
KA Batubara Tarahan Isian Melintas Liukan Tikungan S Sisi Utara KM 118 Petak Jalan Ketapang – Negara Ratu | Foto : Fajar Rahmat
Kereta Api Batubara Tarahan akan memasuki Stasiun Ketapang dari arah Cempaka | Foto : RED/Ahmad Afif Mahdi
Kereta Rajabasa dari Kertapati melintas liuk tikungan S sisi utara | Foto : RED/Ahmad Afif Mahdi
Kereta Kuala Stabas melintas tikungan S sisi selatan | Foto : RED/Ahmad Afif Mahdi

Penutup

Demikian untuk galeri spot fotografi yang menarik di area sekitar Stasiun Ketapang Lampung. Semoga bisa menjadi referensi baru untuk menjajal tempat foto dan video kereta api wilayah DIVRE IV Tanjungkarang. (RED/AAM)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: