Berita KAIndonesiaKereta Api

Rel Gogos, Sejumlah Perjalanan KA Lintas Selatan Terganggu

Ilustrasi: KA Malabar, salah satu KA yang terdampak parah akibat gogosan jalur Sabtu (8/10) dini hari | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

REDigest.web.id, 8/10 – Memasuki bulan Oktober, cuaca di daerah Jakarta, Banten, dan Jawa Barat tampak sering hujan. Salah satu dampak dari cuaca ekstrem ini adalah rel gogos di lintas selatan.

Melansir dari rilis pers KAI, gogosan rel ini terjadi pada Sabtu (8/10) dini hari tadi. Awak PLB 283C Kahuripan menginformasikan terjadi gogosan tanah pada pusat pengendali Daerah Operasi (Daop) 5 Purwokerto. Gogosan ini terjadi di antara Stasiun Kawunganten dan Jeruklegi, tepatnya di km 367+6/7.

Tidak hanya itu, ternyata di Stasiun Kroya, tepatnya di km 402+1/2 juga ada genangan air. Akibat dari gogosan jalur dan genangan ini, banyak perjalanan kereta api terhambat ataupun harus memutar jalur.

Proses perbaikan jalur yang mengalami gogosan | Foto: KAI

Sebut saja KA 132 Mutiara Selatan relasi Bandung-Surabaya Gubeng terlambat 378 menit. KA 79 Turangga relasi Surabaya Gubeng-Bandung terlambat 329 menit. KA 119 Malabar relasi Malang-Bandung terlambat 309 menit, serta sejumlah KA lainnya seperti KA 312 Kutojaya Selatan relasi Kiaracondong-Kutoarjo, KA 131 Mutiara Selatan relasi Surabaya Gubeng-Bandung, dan KA 284 Kahuripan relasi Kiaracondong-Blitar.

Sementara KA 301 Serayu Pagi relasi Purwokerto-Pasar Senen memutar lewat utara. Dari pantauan rekan Tim REDaksi di Bekasi, KA ini masuk sangat awal dari jadwal yakni sekitar pukul 12.00.

Saat ini proses perbaikan jalur sedang berlangsung. Sementara pengguna KA juga sedang diupayakan dipindah ke bus untuk melanjutkan perjalanannya. Pengguna KA yang perjalanannya batal akan mendapat pengembalian bea (refund) penuh di luar biaya pesan. Dan informasi terbaru pada pukul 13.07 jalur yang terdampak dapat dilalui kereta api dengan kecepatan yang terbatas. (RED/IHF)


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

One thought on “Rel Gogos, Sejumlah Perjalanan KA Lintas Selatan Terganggu

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×