Berita KAIndonesiaKAIKereta Api

Longsor di Terowongan Karangkates, KA Matarmaja Memutar

KA Matarmaja mengalami pengalihan rute akibat longsoran di Terowongan Karangkates | Foto: A. D. Firdaus

REDigest.web.id, 18/10 – Masih segar di ingatan kita insiden gogosan jalur di Lintas Selatan antara Jeruklegi Kawunganten pada awal Oktober ini. Pada Selasa (18/10) siang ini, insiden rintang jalan kembali menimpa dunia kereta api. Peristiwa ini terjadi tepatnya di Terowongan Karang Kates, antara Stasiun Sumberpucung dan Stasiun Pogajih.

Berdasarkan informasi dari akun @bintang_starrz, KA pertama yang terjebak gangguan ini adalah KA 281 Matarmaja dengan rute Malang-Jakarta Pasar Senen. Dari tweet di atas tampak KA Matarmaja yang sudah sempat masuk terowongan segera berhenti di dalam. Ternyata ada longsoran di mulut Terowongan Karangkates sehingga warga pun menghentikan perjalanan KA.

Genangan air di dalam terowongan Karangkates | Foto: Istimewa

Tidak hanya longsoran, tampak juga genangan air yang membanjiri Terowongan Karangkates. Genangan tersebut pun membanjiri tidak hanya di sisi luar saja, melainkan sampai memenuhi sisi dalam terowongan.

KAI pun telah memberi informasi terkait kejadian ini. KA 281 Matarmaja pun mengalami perubahan rute alias memutar. Berdasarkan informasi yang Tim REDaksi terima, KA Ini memutar melalui Sidoarjo, Tulangan, Tarik sebelum kembali ke rute sebenarnya di Kertosono. Sedangkan pengguna KA Matarmaja dari Blitar hingga Ngawi mendapat pengalihan ke KA Brantas yang melayani rute serupa dengan KA Matarmaja. (RED/IHF)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×