Teman Bus Kenakan Tarif Berbayar Mulai Akhir Oktober

BTS batik solo trans
Salah satu Teman Bus skema Buy The Service di kota Surakarta, Batik Solo Trans koridor 5S Kartasura-Sidan | Foto: RED/Enrico Perdana Putra

REDigest.web.id, 19/10 – Teman Bus, kependekan dari Transportasi Ekonomis Mudah Aman dan Nyaman, merupakan layanan bus komuter perkotaan yang menggunakan program Buy The Service (BTS). Dalam waktu lebih dari dua tahun, Teman Bus sudah mengoperasikan layanan BTS di 10 kota di Indonesia, di antaranya Medan, Palembang, Bandung, Banyumas, Yogyakarta, Surakarta, Surabaya, Denpasar, Banjarmasin, dan Makassar.

BTS Teman Bus Trans Semanggi
Salah satu Teman Bus di kota Surabaya, Trans  Semanggi Suroboyo koridor 2L Kejawan Putih Tambak-Lidah Wetan. | Foto: Aufa Ijlal Alifo

Pada akhir Juli lalu, Kementerian Perhubungan dan Kementerian Keuangan menyelenggarakan forum komunikasi membahas rencana penetapan tarif pada bus dengan program BTS, dan rencana tersebut segera direalisasikan pada akhir Oktober ini.

Tarif BTS Teman Bus
Daftar tarif Teman Bus di 10 kota di Indonesia. | Foto: Facebook TEMAN BUS

Mengutip dari kiriman di fanpage TEMAN BUS, Teman Bus menggunakan tarif berbayar mulai Senin (31/10) esok di 10 kota. Cara menggunakan Teman bus pasca-penetapan tarif tetap sama seperti sebelumnya, yaitu pengguna menyiapkan kartu uang elektronik (KUE) kemudian tap pada mesin tap on bus (TOB) saat menaiki bus, namun kali ini pengguna harus menyiapkan saldo pada KUEnya sebelum menggunakan Teman Bus.

Untuk hal-hal seperti bagaimana sistem transit antar koridor atau feeder Teman Bus, melakukan perjalanan secara round trip saat tiba di tujuan akhir, ataupun kartu apa saja yang bisa digunakan saat bertransaksi, pembaca dapat membuka website Teman Bus bagian Tanya Jawab. (RED/EPP)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

One thought on “Teman Bus Kenakan Tarif Berbayar Mulai Akhir Oktober

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: