Pemotor Ketahuan Mencuri Kabel PT KAI di Siwalankerto, Surabaya

 

Pelaku mengangkut kabel milik PT KAI ke atas motornya
Pelaku mengangkut kabel milik PT KAI ke atas motornya | Tangkapan Video: Diky Firmansyah

REDigest.web.id, 25/10 – Seorang pemotor Honda PCX tertangkap basah ingin mencuri kabel udara untuk keperluan telekomunikasi PT KAI berukuran 20 core. Saat itu motornya tidak terdapat nopol pada bagian depan dan hanya terlihat stiker sebuah klub kesebelasan asal Spanyol. Nopol baru terlihat pada bagian belakang motor.

Pelaku menaiki motornya ke atas trotoar untuk mengancam perekam video | Tangkapan Video: Diky Firmansyah
Pelaku menaiki motornya ke atas trotoar untuk mengancam perekam video | Tangkapan Video: Diky Firmansyah

Sempat memberikan ancaman

Ketika datang teguran, ia tidak terima dan mendekati perekam bersama motornya untuk memberikan ancaman. Tindakannya itu viral di media sosial berkat video seorang bernama Diky Firmansyah pada laman media sosial Facebook.

Bagian belakang motor pelaku | Tangkapan Video: Diky Firmansyah
Bagian belakang motor pelaku | Tangkapan Video: Diky Firmansyah

Viral di media sosial

Diky menulis, “Ternyata ini biang keroknya, maling kabel telpon PT. KAI, gara” Kelakuannya warga sekitar yang kena imbasnya, tolong pak DAOP segera di tindak lanjuti.

Gambar orangnya jelas, barang buktinya juga ada, plat nomor kendaraannya juga jelas, bahkan ada saksi nya juga 2 orang KAI…

TKP Jl. Ahmad Yani Frontage Siwalankerto…”

Ternyata ini biang keroknya, maling kabel telpon PT. KAI, gara” Kelakuannya warga sekitar yang kena imbasnya, tolong pak DAOP segera di tindak lanjuti. Gambar orangnya jelas, barang buktinya juga ada, plat nomor kendaraannya juga jelas, bahkan ada saksi nya juga 2 orang KAI… TKP Jl. Ahmad Yani Frontage Siwalankerto…

Posted by Diky Firmansyah on Friday, October 21, 2022

 

Menurutnya, ia telah mengamati kegiatan pelaku pencurian sejak tiga hari sebelumnya. Ketika memeringati, ia justru mendapat ancaman dari pelaku. Tidak lama berselang, pengendara motor berseragam melintas di TKP sehingga saksi mata meneriaki pelaku sebagai maling dan menyebabkan pelaku kabur melarikan diri.

Kata PT KAI

Menurut Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif, kejadian itu telah PT KAI laporkan kepada pihak berwajib. Tindakan itu termasuk berbahaya karena mengganggu komunikasi antara Stasiun Wonokromo-Stasiun Waru maupun perlintasan sebidang yang terdapat pada petak tersebut. “Dampak dari perbuatan pelaku sangat membahayakan perjalanan kereta api karena peralatan komunikasi yang terganggu merupakan alat bantu pengaman perjalanan kereta api”, ujarnya.
Pelaku didatangi dua pemotor berseragam | Tangkapan Video: Diky Firmansyah
Pelaku didatangi dua pemotor berseragam | Tangkapan Video: Diky Firmansyah

Menurut kepolisian setempat

AKP Ristianto selaku Kanit Reskrim Polsek Wonocolo menyatakan aksi itu benar terjadi. Risti menyatakan, “Yang membuat laporan dari PT KAI, Sabtu sore”, “Masih lidik, saya kejar langsung agar masyarakat Wonocolo merasa aman dan nyaman”, “Sudah, tadi sore KAI sudah laporan. Masih diupayakan secepatnya, doakan ya.”

Kabar terbaru, pelaku pencurian ini telah tertangkap pada Senin (24/10). Melansir dari Suara Surabaya, pelaku berhasil tertangkap di rumahnya saat bangun tidur.

Atas perbuatannya, pelaku terjerat Pasal 362 KUHP tentang pencurian dengan ancaman 6 tahun penjara. (RED/AFD)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: