Menteri Perhubungan Restui Akuisisi KAI Commuter oleh MRT Jakarta

Ilustrasi: Armada MRT Jakarta set 4 di Lebak Bulus | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

REDigest.web.id, 27/10 – Kabar mengejutkan tiba dari Kementerian Perhubungan. Pasalnya Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi secara prinsip merestui rencana akuisisi KAI Commuter (PT Kereta Commuter Indonesia, KCI) oleh MRT Jakarta.

Melansir dari Detik Finance, Budi mendukung segala upaya integrasi, sinergi, akuisisi, atau upaya apapun itu. Ia menambahkan harus ada aspek finansial dan legal yang harus dilakukan. Budi juga mengklaim sudah menyampaikan ke pihak KAI dan Bapak Heru (Heru Budi Hartono, Plt Gubernur Jakarta-Tim REDaksi) sembari berharap semua bisa teratasi.

Menteri Perhubungan ini menambahkan harus ada kesetaraan pengelolaan antarmoda di DKI Jakarta. Menurutnya, konsep apakah merger atau akuisisi itu sangat baik. Meski demikian, Budi juga mengingatkan proses akuisisi tidak akan mudah. Hal ini karena status PT KCI yang merupakan anak BUMN, sedang MRT Jakarta adalah BUMD. Oleh karenanya Budi telah mulai menjembatani pembicaraan antara KCI dan MITJ.

Proses akuisisi ini sendiri telah mendapat penolakan dari Serikat Pekerja Kereta Api (SPKA). Bahkan dalam penolakan yang terakhir, mereka mengancam mogok nasional jika akuisisi ini berlanjut. KAI Commuter dan ahli juga mempertanyakan rencana akuisisi ini. Sementara itu Dishub DKI berpendapat rencana ini harus tetap berjalan, dengan Komisi B DPRD DKI mengatakan akuisisi ini dapat meningkatkan ridership. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

One thought on “Menteri Perhubungan Restui Akuisisi KAI Commuter oleh MRT Jakarta

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: