Berita KAIndonesiaKAI CommuterKereta Api

KRL Seri 205 Rangkaian BOO99 Jalani Percepatan Pergantian Livery

Rangkaian BOO99 dengan livery terbarunya | Foto: Muhammad Rizky Hisyam

REDigest.web.id, 23/10 – Para pembaca setia mungkin telah menyadari bahwa ada satu KRL seri 205 yang tampil sangat berbeda di antara yang lain. Ya, ia adalah KRL seri 205 rangkaian BOO99 yang telah menjalani percepatan pergantian livery selama sepekan terakhir.

Kabin BOO99 sisi KuHa 205-99 pada Senin (18/10) | Foto: RED/Adnan Jarkasih

Berdasarkan pantauan lapangan oleh Tim REDaksi, proses perubahan livery ini telah bermulai sejak Senin (17/10) lalu. Awalnya perubahan ini meliputi hanya pemasangan striping dengan standar warna baru dengan menimpa striping eksisting. Keesokan harinya, perubahan ini bertambah meliputi pemasangan stiker baru yang menutupi warna muka lama.

Dan keadaan KuHa 205-99 pada hari Selasa (18/10), tampak warna kuning dari striping lama yang masih belum ditutup | Foto: Tri Bintang Setiawan

Hal ini pun menjadi unik karena BOO99 menjadi rangkaian KRL pertama yang menjalani percepatan pergantian livery tanpa melewati Perawatan 48 Bulanan (P48). Pada perubahan livery yang BOO99 alami, tampak warna abu-abu pada bagian rangka muka yang sangat gelap. Sedangkan warna merah justru lebih terang daripada warna merah yang sebelumnya KAI Commuter gunakan.

Melihat Lebih Dekat

Kerutan stiker pada kabin sisi 205-99 di rangkaian BOO99 | Foto: Muhammad Rizky Hisyam

Rekan Tim REDaksi sendiri berkesempatan untuk melihat lebih dekat pemasangan livery terbaru ini pada Jumat (21/9) kemarin. Saat itu rangkaian BOO99 yang sedang berdinas di Lin Rangkasbitung mulai Kamis (20/9) sedang beristirahat di Stasiun Serpong untuk berdinas sore hari.

Pemasangan stiker pada bagian cowcatcher | Foto: Muhammad Rizky Hisyam

Saat rekan Tim REDaksi lihat dari dekat, tampak kerutan stiker saat pengaplikasian di rangka wajah. Bahkan tidak hanya itu, bagian cowcatcher juga ternyata mendapat pemasangan stiker. Hal ini menarik karena cowcatcher yang KAI Commuter gunakan sendiri memang sudah berwarna merah sejak lama.

Perbandingan kereta livery baru hasil P48 dan BOO99 | Foto: Muhammad Rizky Hisyam

Selain itu, perbedaan antara rangkaian BOO99 yang mengalami percepatan pergantian livery dengan rangkaian lain yang mendapat perlakuan ini saat P48 sangat ketara. Seperti misal rangkaian BOO61 saat bersanding dengan BOO99 di Stasiun Tanah Abang pada foto di atas. Tampak warna abu-abu pada BOO99 sangat gelap dibandingkan dengan milik BOO61. Namun warna merah pada BOO99 justru sangat terang dibanding rangkaian lainnya.

Hingga saat ini, belum ada informasi apakah akan ada rangkaian lain yang mendapat percepatan pergantian livery(RED/IHF)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×